Website Wapannuri

PELUANG USAHA DARI FACEBOOK

Banyak orang mempunyai account facebook, namun sedikit yang menangkap peluang usaha dari situs komunitas ini. Sebagian orang, buka internet, login facebook, update status, isi comment ke beberapa temannya, ikut quiz, bermain game mafia wars, sambil menunggu mengisi waktu luangnya dengan poker, terakhir logout. Mattin komputer kemudian berkemas-kemas untuk pulang. Sampai di rumah, buka Blackberry ato Nokia E71 lalu isi status dengan, “lagi mandi” kemudian makan sambil BB-an, Masuk kamar dan laaanjut main poker plus mafia war. 7 hari dalam seminggu, 24 jam sehari, kita menghabiskan waktu dengan facebook ini. Apa gunanya ? Apa manfaatnya ? Jawaban atas pertanyaan ini banyak, namun yang pasti, dengan facebook kita bertemu dengan teman-teman lama lalu reunian, dapat teman baru, dan jodoh ! Intinya, facebok adalah komunitas. Di mana ada orang, di situ ada peluang bisnis.

Menangkap Peluang Usaha dari Facebook

BENAR – BENAR PELUANG USAHA YANG MENGUNTUNGKAN
Kemarin, saya bertemu dengan seseorang, sebut saja namanya Betsy. Betsy ini usianya sekitar 20an. Orangnya manis, smart, ramah, enak diajak omong, dan masih single. Setelah basa-basi sedikit, saya pun mulai bertanya hal-hal yang pribadi, seperti “ukurannya”, pacarnya, dan pekerjaannya. Dia bilang kalo bikin pita-pita terus dijual. Sebagian dijual di pasar atum, dan sebagian lagi lewat facebook.

Hah ? Facebok ? Saya sempet terkejut dan berpikir, waaah ini topik menarik. Jadilah keusilan saya naik dengan cepat. Untung si Betsy bisa mengimbangi saya, hahaha…. Betsy bilang kalo dia gak terlalu ahli internet. Maksudnya, Betsy gak bisa bikin website seperti saya, gak belajar SEO seperti saya juga, dan gak nulis macem-macem untuk mendatangkan traffic dan pengunjung.

Betsy cuman bisa foto pita-pitanya kemudian di upload dan di tag supaya orang-orang bisa melihat produknya. Pengunjung yang tertarik kemudian menghubungi Betsy melalui sms atau telepon langsung ke HP Nokia E71nya. Setelah mencapai kata sepakat, si pembeli mentransfer uangnya dan Betsy mengirimkan pita pesanannya

Saat ini sih Betsy belum mempunyai pegawai, karena baru setahun menyeriusi bisnis aksesoris wanita ini. Dia membeli kainnya sendiri, menempelkan dan menghias pitanya. Boleh dikata kalo dia itu seorang wiraswasta, wanita karier, atau pengusaha kecil (kecil dilhat dari usianya yang masih di kisaran 20an). Skala usahanya termasuk luas loh, ada yang dari Bandung, dari Padang, Irian, dan paling banyak dari Jakarta. Betsy bilang kalo sekarang ini, tanggal 19 Agustus 2009, pukul 20.00, sebagian pelanggannya didapat dari Facebook. Weeeedaaan tenan…gak pake susah – susah bikin website, belajar SEO, dan nulis !

Oh…Betsy…betapa irinya diriku ini….HUaaaaaaaaAAA !!

Karena Betsy gak terlalu mahir Facebookan, maka teman pribadinya dan teman bisnisnya jadi satu akun. Jumlahnya sekitar 700an. Hmm…dia bilang karena dia selektif untuk add friend di facebok. Hanya yang dikenalnya dan yang memberikan keuntungan gitu loh ! Meskipun Betsy mengandalkan facebook sebagai pekerjaannya, dia tidak maniak facebook. Maksud saya, dia tidak online 24 jam seperti beberapa teman saya. Bayangkan, pipis jam tiga pagi aja di update statusnya, bilang, “Lagi ngelindur, lalu pipis.” Terus, meskipun ada saya di sampingnya, tangannya tak pernah lepas dari BB-nya. Kalo boleh saya katakan, maaf yaaaaaaa….maaaf… bener-bener maaf…seperti orang autis (punya dunianya sendiri). Saya pernah mendengar kalo di suatu negara ada rehabilitasi untuk orang-orang yang kecanduan internet, masa sih bener-bener ada ?

Saya membayangkan, kalo saja si Betsy lebih memaksimalkan kemampuan Faceboknya, maka dia akan mendapatkan gelar “Orang Kaya dari Bisnis Internet.”  Bagaimana caranya ? Mungkin kita bisa ikuti cara pak Dodik yang satu ini.

MENDALAMI BISNIS DAN PELUANG FACEBOOK
Mas Dodik adalah teman es em pe saya yang menekuni bisnis travel. Untuk masalah internet, dia jauh lebih canggih dari si Betsy, karena bisa membuat dan mengupdate website. www.travelsentosa.com ini dia buat sendiri. Padahal dulunya orang yang gaptek komputer. Yah, itulah bukti bahwa dimana ada kemauan di situ ada jalan !

Mas Dodik akhir-akhir ini super sibuk. Iya dong, karena dia kan pengusaha muda. Bisnis tour dan travelnya dia mulai dari nol dan kembangkan sehingga sekarang sudah mempunyai 4 pegawai tetap. Selain urusan pekerjaan, si Dodik ini lagi Falling in love dengan someone. Ha…ha…ha…. Rasanya ini yang bikin dia super sibuk. Kerja – pacaran – kerja – habisin duit buat pacaran – kerja – kencan – dan seterusnya. Maklum lah…masih jomblo !

Nah, tempo hari dia bercerita banyak mengenai kesibukannya. Dia sedang mendalami dunia facebook. Dia menunjukkan kepada saya satu profil facebook for bussiness yang fansnya 4.000.000. Isinya mengenai tempat – tempat wisata yang ada di dunia. Kebanyakan sih foto dan beberapa keterangan mengenai lokasi tersebut. Dia juga menunjukkan comment dari fansnya ketika si pemilik facebook mengupdate beritanya. Jumlahnya sekitar 2000 orang. Otak saya langsung berpikir cepat… Yang liat belum pasti kasih comment, berarti, paling tidak ada sekitar 3000 orang lebih yang melihat facebook ini tiap jamnya. Gilaaa….! Anggap saja 1 persen dari 3000 orang itu membeli produk yang dijualnya, maka berarti 30 orang perjam. Wow…fantastik bangeett….

Om Dodik mengatakan kepada saya kalo dia juga mau mengadopsi strategi orang itu. Saat ini dia sedang membangun komunitas untuk menjual produknya. Dia bilang, untuk sementara ini kumpulin massa aja yang banyak, jangan jualan dulu karena fansnya masih sedikit. Sekarang membangun hubungan dulu dengan mereka, bikin kuis, kasih hadiah kepada mereka yang aktif, dan memperkenalkan siapa diri kita. Dia bilang kalo Facebook itu luas, fans bisa semua orang dari seluruh dunia. Yah, harapannya sih melalui facebok ini dia bisa mendapatkan gelar “ Orang Kaya Baru dari Bisnis Online Facebook.”  Dan dia Fokus banget, sampe-sampe Speedynya di naikkan jadi Unlimited kembali karena paket yang lalu-lalu sering overlimit. Yang pasti sih gara-gara Facebokan, cuman dia ini sekali mendayung dua – tiga pulau terlampaui ! Sukes untuk anda om Dodik !

SEKALI LAGI TENTANG FACEBOOK
Bagi saya, Facebook adalah komunitas dan teknologi. Bagi beberapa orang, FB bisa menjadi alat yang powerfull untuk menambah penghasilan. Sementara itu, sebagian besar orang masih memanfaatkan facebook untuk mengapresiasikan dirinya. Apakah hal ini bisa kita katakan sebagai hal yang baik atau buruk ? Susah untuk menjawab pertanyaan ini dengan cara yang bisa memuaskan semua pihak. Saya hanya ingin mengajak teman – teman untuk melihat facebook dengan cara yang berbeda.

Saya malah menyarankan teman saya yang lainnya untuk menekuni facebook. Bukankah sesuatu yang kita senangi akan kita kerjakan dengan semangat ? Cuman, saya berpesan kepadanya untuk mendapatkan manfaat dari facebook ini. Kalo dia hanya mendapatkan teman baru saja juga tidak apa-apa, kan kita tidak tahu kedepannya seperti apa ? Siapa tahu dia menjadi teman tersetia kita, atau menolong kita suatu saat nanti ? Begitu kamu menyukai sesuatu, kerjakan dengan tekun dan stay focus ! Jika memang belum bisa dikerjakan secara fulltime, kerjakan secara partime dulu !
Saya rasa, peluang usaha di facebook ini bisa ditangkap siapa saja. Tidak perlu modal yang besar kok, hanya sebuah kreatifitas. Kreativitas itu berarti melihat sesuatu dari sudut pandang lain dan melakukannya dengan cara yang berbeda. Kreativitas tidak harus berarti sesuatu yang baru kok. Coba liat si Betsy, produknya cuman pita rambut yang bisa kita temui di mal mana saja. Namun di sini Betsy memberikan kebebasan kepada pembelinya untuk memilih warna dan model sendiri serta menjualnya melalui facebook.

Peluang Bisnis Facebook

Jadi bagaimana ? Ada nggak yang mau jualan nasi bungkus lewat facebook, ato browniess, ato baju, ato akesoris handphone ? Tangkap peluang ini dan dapatkan gelar "Orang Kaya Baru dari Bisnis Online"

Langkah - Langkah Memulai Usaha Sendiri
Langkah pertama adalah langkah tersulit ! Berikutnya mudah...

Share this content

ARTIKEL TERBARU

BISNIS ONLINE

SERI WIRASWASTA

PERENCANAAN KEUANGAN

ARTIKEL LEPAS