Website Wapannuri

SUSAN BOYLE : AKU BERMIMPI SEBUAH MIMPI

Jam makan siang hari itu ada sesuatu yang spesial. Menu makannya biasa saja, yang membedakan adalah hiburannya. Saya hanya menyalakan televisi ketika makan saja...ha...ha...ha....entah itu makan pagi, makan siang atau malam. Kebetulan channel  sebelumnya MetroTV, acaranya Wide Shot. Presenternya sedang mengupas kehidupan seorang wanita setengah baya yang bernama Susan Boyle. Parasnya biasa saja, tidak menarik, gendut dan sama seperti tacik-tacik lainnya yang berusia 47 tahun. Yang membedakan hanyalah talenta menyanyinya. Ketika Susan menyanyi "I Dreamed a Dream" , saya meneteskan air mata. Saya harus menulis tentang orang ini, batin saya !

Susan Boyle, Britain Got Talent 2008

 

MENGENAL SUSAN BOYLE

Mbak Susan adalah putri terakhir dari 9 bersaudara. Dia dilahirkan di Skotlandia, salah satu negara bagian Inggris. Proses kelahiran Dik Susan ini tidak sempurna, gak mau keluar dari rahim ibunya.Tapi Tuhan berkehendak lain, jadi Susan harus "mencungul" ke dunia untuk menggenapi rencanaNya.  Jadilah Susan yang memiliki kelainan bawaan, dia rodo-rodo "hang" gitu. Teman-teman playgroup-nya menyebut "Susan Telmi (Telat Mikir)."

Rencana Tuhan itu indah....alaaa gombal ! Ike dilahirkan sebagai orang Telmi, gendut, elek pisan. Katanya Tuhan itu baik, iya Dia baik bagi orang lain karena Ike dijadikan hiburan dan mainan mereka. Nasib...nasib...Apa gunanya hidup ini jika belajar saja susahnya setengah mati. Cari kerja saja dipandang sebelah mata. Sapa yang mau punya pegawai telmi ? Mbayar'e podo...gendeng bek'e.

Masa kecil Susan BoyleBegitulah jalan hidup Susan yang diramalkan oleh Ki Gendeng Temenan. Dan kenyataannya memang demikian, selama 47 tahun masa hidupnya, Susan hanya bekerja sekali saja sebagai trainee cook. Itupun hanya selama setengah tahun. Terus bosnya gak kuat, ganti aja namamu menjadi Susah, jangan Susan !

Oh...Susan...Susan...Susan...kalo gede mau jadi apa ? Susan...Susan...Susan... kalo gede mau jadi apa ? Susan ingin jadi penyanyi kak Ria...^-^'

Salah satu pengobatan untuk orang yang telmi adalah seni. Entah itu menari, melukis, musik atau menyanyi. Otak kita itu terbagi menjadi dua bagian, otak kiri dan otak kanan. Otak kiri berhubungan dengan kemampuan mekanis seperti berhitung, logika, bahasa dan hal teknis lainnya. Sementara otak kanan berhubungan dengan daya imajinasi, seni dan abstraksi. Otak kiri Susan wes hang, tetapi otak kanannya masih bisa ditolong. Atas dasar itulah, Meme Susan di les-kan menyanyi ambek Om Fred O'Neil.

Karena jaman itu gak ada Indonesia Mencari Bakat atau X-Factor, maka Susan hanya bisa tampil di gereja dan NAV aja. Kalo lagi bokek nyanyi di SongAdventure TimeZone...^-^'.  Pada usianya yang ke-34, Susan Boyle mencoba peruntungannya di ajang pencarian bakat Michael Barrymore's My Kind of People. Sayangnya, audisi ini lebih mempermalukan namanya daripada pengembangan karier menyanyinya. Bagaimanapun juga, ke-pengong-annya lebih kentara daripada suaranya.

Koh Barrymore bersikap kurang ajar kepada Cik Susan, seperti yang bisa anda lihat di video amatir ini. Sungguh mengenaskan hidup di dunia yang lebih melihat bungkus daripada isinya. Wajah cantik lebih bernilai daripada suara merdu. Orang normal lebih dihargai daripada orang cacat. Siapa sih yang bakal menyangka orang dengan keterbelakangan mental bisa menjadi inspirasi bagi jutaan orang ?

Kita, termasuk saya seringkali meremehkan orang lain. Tujuannya untuk menunjukkan kepintaran kita, kekayaan kita, kegantengan atau kecantikan kita. Kita membandingkan diri kita dengan orang yang lebih rendah dari kita karena jelas - jelas mereka tidak bisa membalas kepada kita. Kita mendapatkan kegembiraan dari mengolok-olok orang lain. Kita mendapatkan rasa hormat orang lain dari kekuasaan kita.Sesungguhnya kita itu orang yang tidak memiliki kepercayaan diri sendiri. Integritas kita semu ! Sungguh memalukan jika ternyata orang yang kita rendahkan akhirnya berada di atas kita.

Merasa trauma dengan peristiwa itu, Susan menghindari tampil di muka umum. Dia memang orang dengan kecenderungan mental terbelakang, tetapi sesungguhnya mentalnya lebih kuat dari kebanyakan orang normal. Susan memilih dapur rekaman dan menjualnya dalam bentuk CD.

Pada tahun 1999, dia menyanyikan satu buah lagu untuk memperingati tahun millenium. Tidak jelek sih, 1.000 kopi CD terjual dengan judul Music For Millennium Celebration, Music of west Lothian. Seorang kritikus koran lokal mengomentari suara Susan Boyle yang menyanyikan lagu Cry Me A River, "Sangat menyentuh dan selalu saya setel tiap hari semenjak saya membeli CD ini."

Bener om....saya juga sempat meneteskan air mata waktu pertama kali mendengar suaranya di TV saya. Semenjak itu pula saya memutuskan untuk menulis tentang dirinya. Suaranya menggetarkan jiwa !

Sebenarnya ada 3 lagu yang disiapkan Susan untuk mencoba nasibnya di dunia tarik suara. Dia menghabiskan seluruh tabungannya untuk merekam suaranya ini, kemudian dikirimkan ke ajang pencarian bakat yang sering diadakan oleh radio lokal. Tapi apa daya, belum waktunya hoki !

 

RUNNER UP BRITAIN'S GOT TALENT 2008

Hampir seluruh hidup Susan dihabiskan untuk menemani ibunya yang sudah tua. Beberapa kali Susan menolak saran si mbok untuk mencoba peruntungannya melalui X-Factor atau Britain's Got Talent. Entah itu trauma atau khwatir dengan kesehatan ibunya. Karena kalau ikut audisi di tipi itu kan butuh waktu berminggu-minggu, terus siapa yang akan jaga mama ? Luar biasa ? Jarang loh ada anak yang bisa kau kwee (berbakti = bhs cina) sekarang ini. Kabeh golek seneng'e dewe. Wes....wes...gak wedi kualat tah ?

Pada tahun 2007, Bridget Boyle meninggal dunia di usianya yang ke 91. Susan mengurung diri di dalam rumahnya selama 4 hari. Dia tidak mengangkat telepon, membukakan pintu ataupun menemui tetangganya. Kesedihan dan rasa kehilangannya begitu mendalam, namun dia tidak sampai terpuruk. Susan memutuskan untuk mencoba BGT (Britain's Got Talent) untuk menghormati mendiang ibunya.

Ketika ditanya Simon Cowell tentang tujuannya mengikuti BGT, Susan menjawab ingin menjadi seorang penyanyi profesional seperti Elaine Paige. Nah siapakah Elaine Paige itu ?

Elaine PaigeElaine Paige adalah seorang aktris sekaligus penyanyi Inggris yang memiliki gelar First Lady of British Musical Theater. 49 tahun hidupnya dihabiskan di dunia musical theater. Miss Paige (masih blm kawin) memulai kariernya pada umur 16 tahun dan saat ini secara rutin mengisi acara radio Elaine Paige OnSunday di BBC Radio 2. Dia menghasilkan 22 album dimana 8 di antaranya mendapatkan penghargaan Gold dan 4 Multi Platinum.

Cece Elaine juga bermain di 17 musical theater dan memenangkan 4 Laurence Oliver Award, dialah satu-satunya orang yang pernah memenangkan penghargaan ini sebanyak 4 kali. Inilah orang yang menjadi impian Susan Boyle.

Sekarang mari kita lihat seberapa jauh mimpi Susan Boyle tercapai ? Semenjak kemunculannya pada Agustus 2008, Cece Susan telah menelurkan 4 buah album, hampir setahun sekali. Sangat luar biasa untuk seorang telmi yang berusia 48 tahun.

Album pertama Susan, I Dreamed a Dream masuk sebagai best seller "pre-order" album di Amazon.com, 3 bulan sebelum tanggal peluncurannya 23 November 2009. Di Inggris, I Dreamed a Dream masuk sebagai album pendatang baru tercepat penjualannya, 411.820 kopi.

Di Amerika, album ini terjual sebanyak 701.000 kopi dalam jangka waktu satu minggu, penjualan terbaik selama 10 tahun ini.  Album Cik Susan masuk Top 10 Billboard selama 6 minggu berturut-turut. Total penjualan album ini hanya kalah sedikit dari album Taylor Swift, 3.104.000 berbanding 3.217.000. Tetapi I Dreamed a Dream memenangkan Top Selling Physical album karena hanya 86.000 saja terjual melalui online.

Di Italia, I Dreamed a Dream adalah satu-satunya album of the month dimana penyanyinya bukan orang itali.

Susan Boyle dinobatkan sebagai orang nomer 7 yang berpengaruh di dunia oleh Time Magazine pada tahun 2010. Acara interview-nya, I Dreamed a Dream: The Susan Boyle Story, yang ditayangkanpada 13 Desember 2009 ditonton oleh 10 juta pemirsa di Inggris dan mendapatkan predikat The Highest Rated TV Special di Amerika.

Album keduanya, The Gift bertengger di puncak Top Ten Inggris dan Amerika. Hanya ada tiga album dalam sejarah musik kedua negara tersebut yang bisa menempati urutan pertama, dua kali dalam setahun !     

Pada 27 Maret 2012 lalu, diadakan pertunjukan Theater di Newscastle, Inggris yang menceritakan tentang kisah hidup Susan Boyle. Para kritikus menilai pertunjukan I Dreamed a Dream ini sebagai The Musical Events of the Year.

 

APA MIMPI ANDA ?

Susan Boyle yang dulu disebut teman-temannya Susan Telmi, pada usia 47 tahun menggemparkan dunia dan menginspirasi jutaan manusia (termasuk saya). Dia bukan orang sempurna, dia dilahirkan dengan keterbelakangan mental tetapi dia memiliki mental baja. Jauh di atas mental orang jaman sekarang. Cik Boyle hanya memiliki satu talenta, menyanyi tok. Dia memegang talenta itu dan mengembangkannya demi satu kesempatan saja.Dia tahu kesempatan akan datang dan bertekad all out ketika menemukannya.

Dia bukan saja gagal, tetapi dipermalukan di depan ribuan orang.  Dia menunjukkan bakatnya, tetapi dinilai berdasarkan penampilannya. Nasib buruk menyertai perjalanan hidupnya, orang Cina menyebutnya Pua Siauw (apes, mbo hoki). Tapi Susan Boyle tidak pernah menyerah. Dia tahu pikiran orang tentang dirinya, tapi tidak ambil pusing. Selama aku bisa bernyanyi mereka akan tahu.

"I know what they were thinking, but why should it matter as long as I can sing? It's not a beauty contest ". - Susan Boyle, The Sunday Time

Susan memulai mengejar mimpinya ketika berusia 47 tahun, tetapi hanya dalam waktu 4 tahun saja dia berhasil mencapainya. Tetapi semua itu tidak akan terjadi jika Susan tidak mempersiapkan sejak masa mudanya. Percayalah bahwa segala sesuatu yang terjadi saat ini, sekalipun hal itu "kelihatannya" menjauhkan anda dari impian. Tetaplah melangkah, jangan menyerah. Anda tidak tahu masa depan atau kapan kesempatan akan datang. Tidak ada yang bisa anda lakukan tentang hal itu,  sebaliknya anda bisa menyiapkan diri ketika kesempatan itu datang anda telah siap !

Susan Boyle memaksimalkan lingkaran pengaruhnya, hal-hal yang didalam kekuatan dan kehendaknya.Dia beroperasi dalam talentanya, bukan di luar talentanya. Dia memang telmi, tetapi dia tahu kekuatan terbesarnya. Laah....anda yang lebih pinter malah aneh-aneh. Kerja cuman ikut sana ikut sini, cari yang untungnya gede. Anda tidak pernah beroperasi di lingkaran pengaruh atau talenta anda. Anda beroperasi di lingkaran uang, dimana ada uang di situ ada anda.

Talenta adalah efek multiplikasi. Anda lebih efektif dan lebih efisien jika bekerja berdasarkan talenta anda. Dan yang pasti anda lebih bahagia ! Mengapa tidak anda coba mulai sekarang ? Susan "Boil" berduet dengan idolanya pada 13 Desember 2009, setahun setelah dia melangkah.

Talenta, The Different Maker
Satu - satunya hal yang bisa anda lakukan dan kerjakan tetapi sering anda abaikan.

Share this content

ARTIKEL TERBARU

BISNIS ONLINE

SERI WIRASWASTA

PERENCANAAN KEUANGAN

ARTIKEL LEPAS