Website Wapannuri

CARA MERENCANAKAN MASA DEPAN

Saya paling takut kalau disuruh memikirkan masa depan. Dengan kondisi saat ini dan berdasarkan masa lalu saya, kok kelihatannya madesu ya (masa depan suram). Jadi, 10 tahun yang lalu saya memutuskan untuk membiarkan masa depan saya berlalu begitu saja...tanpa rencana, tanpa gambaran, tanpa target dan tanpa berpikir serius. Saya rasa anda, anda, anda dan juga teman anda memiliki pemikiran yang sama. Lapo soro-soro meramal masa depan... itu soal nanti. Nikmati saja hari ini ! Ya...nikmati saja hari demi hari....sampai anda berusia 30an dan tertegun...saya melakukan kesalahan besar ! Andai 10 tahun lalu saya membuat rencana untuk masa depan saya maka hidup saya akan menjadi lebih baik !

Masa depan teknologi kita

RAMALAN MASA DEPAN MANUSIA

Berapa usia anda saat ini ? 20 tahun atau sudah masuk kepala tiga ? Bersyukurlah anda yang berkepala dua dan menemukan tulisan ini karena masa depan anda akan lebih baik daripada mereka yang berkepala tiga. Asalkan anda menerapkan cara-cara di bawah ini. Nek dibaca tok, tapi gak dipraktekan yo podo ae....ngomong ambek tembok ae mas bro ! Suatu saat nanti, ketika anda berhadapan dengan kebenaran yang saya sampaikan ini anda akan menyesal atau berbahagia. Nyesel karena wes tau tapi gak melakukan ! Kapokmu kapan !!!

Mari kita lihat sejenak filem tentang diri kita sendiri. Tentu saja anda adalah pemeran utamanya karena tema film ini tentang hidup anda sendiri. Orangtua anda adalah pemeran pembantu dan konco plek anda adalah pemain figuran. Satu atau dua teman anda adalah pemeran pembantu level dua, dan tidak ada yang bisa meramalkan jenis manusia yang mana. Pokok'e ntik mereka muncul sedilut, menghilang dan muncungul lagi di saat-saat yang tak terduga. Life is a game isn't it ? Be a good player !

Akan ada yang berperan sebagai antagonis. Mereka mungkin menipu anda, ngemplang duit anda dan ngemplang duit teman anda yang lainnya. Jumlahnya tidak banyak, namun menyita banyak waktu dan menguras pikiran anda dengan pertanyaan kok bisa ? Kok tego ? Kok kebacut ! Kok gak mikir nasib anak-anake dewe ! Kok gak mikir masa depan'ne dewe ! Yah....itulah kehidupan. Tidak selamanya jalan yang kita tempuh itu lurus dan lancar. Selalu ada krikil dan batu besar yang menghalangi langkah kita menapak masa depan yang penuh misteri ini.

Bekerja pintar bukan bekerja kerasBaiklah, kembali ke masa kini. Apa rencana anda untuk beberapa tahun mendatang ? Kerja cari duit dengan semongko (SEMangan sampe bONGKO) ? Itu mah gak usah direncanakan, itu tuntutan hidup ! Anda akan menikah !!! Yah itu gunanya otak anda.

Betul....anda akan menikah, punya anak, punya cucu dan akhirnya bongko ! Apalagi yang punya nama Ongko...hi...hi...hi... tapi ojok kuatir...survey membuktikan bahwa pemilik nama Ongko lebih jarang muncul di berita duka kok.

Kerja - Kawin - Manak - Matek. Itu gampangannya ! Nek aslinya sih kerja cari duit buat bondo kawin terus setaon kemudian manak. Ijek tetep kerjo buat beli susu, buat biayai pendidikan anak, buat nyicil sepeda motor, buat nyicil mobil, buat nyicil rumah, buat beliin anak sepeda motor waktu SMP, buat modali anak setelah lulus kuliah dan terakhir nih...buat simpanan hari tua kita sendiri. Itupun nek cukup, nek gak cukup yo pancet kerjo ! Itupun kalo manak sebiji. Kalo ternyata anak kita dua biji maka kalikan dua ! Kalo rencananya dua biji tapi telat ngentas terus dadi yang ketiga maka kalikan tiga !

Pertama - tama. Mari kita ngitung biaya perkawinan kita sendiri. Kalau anda mau pernikahan anda dipestakan dengan dihadiri teman, keluarga dan beberapa konco plek maka paling tidak anda harus mengundang 250 orang. Itu sudah minimal karena yang diundang adalah keluarga anda ditambah dengan keluarga pacar anda. Ojok mek dulurmu tok sing diundang....lek ngono yo gak usah kawin !

Biaya makanan yang paling murah dan enak sekitar Rp 110.000/orang untuk tahun 2013 ini. Tiap tahun naik 10%, jadi tinggal kalikan saja dengan target kawin anda. Jangan salah ngitung loh ya....itu bunga berbunga. Tahun depan ongkos makan tok Rp 121.000/orang (110+10%). Tahun 2015 menjadi Rp 133.100 (121+10%) dan seterusnya.

Nah...untuk kawin itu gak cuman makan tok. Ada tukang foto, ada tukang video, ada baju kawen, ada mobil kawin, ada kue kawin dan princil-princil lainnya. Perhitungan total saya, untuk biaya pernikahan tahun 2013 ini paling minim butuh Rp 100.000.000 atau Cepek tiau atau 100 juta rupiah. Itu wes diincrit-incrit !

Apakah menikah termasuk rencana masa depan anda ?Mari kawin, terus tinggal ndek mana ? Pondok Mertua Indah ? Iya gak apa-apa, isa ngirit akeh ! Soale gak perlu bayar listrik, gak perlu bayar air, telepon, gak usah tuku sabun, garam, gula, kopi dan sapu ! Murah meriah, tapi bojomu kerasan gak ? Nek ngirit tapi ben kali minta jatah mesti diomeli, dicurhati dan dicelatu gara - gara mertua iso mengkeret maneh !! Yah...saatnya buat beli rumah.

Berapa neh harga rumah di Surabaya ? 100 juta ? 200 juta ? Mana ada rumah semurah itu ? RSSSSSSSS....Rumah Sangat Sederhana Super Sempit Sesek Sumpek Selonjor Sampe Semaput. Paling gak untuk anda, pasangan anda dan anak anda membutuhkan rumah seharga 400 juta. Kalau ingin hidup layak sebagai manusia loh yah !  Hidup itu pilihan, anda bisa mencukupkan diri dengan apa yang anda punyai kok ! Asalkan mau berpikir kreatif dan bijaksana.

Jadi mau nyicil rumah dulu atau kredit mobil keluarga ?  Ha...ha...ha....Wes anggap aja anda beli dua-duanya. Nyicil rumah sekaligus nyicil mobil Daihatsu Xenia, soale paling murah rek ! Nyicil rumah butuh waktu 15 tahun sementara nyicil Xenia cuman butuh waktu dua-tiga tahun. Hajar bleh ! Mek 140 juta ae kok Xenia warna putih.  

Jadi, setelah menikah dan gitu-gituan selama 15 menit, anda dihadapkan pada Rp 540.000.000 atau gopek tiau alias 500 juta. Namanya saja rencana masa depan...gak usah dipusingi dulu... ini cuman hitung-hitungan di atas kertas kok. Belum kejadian, masih lama... paling cepet 5 tahun lagi ! Ijek iso tuku BB Z10, ijek iso tuku Galaxy Note 2 kok. Kartu Kredit ijek iso digesek ae kok bingung ! Terusno....terusno....terusno !!

540 juta tadi belum termasuk beli susu anak, uang pangkal masuk playgroup, uang sekolah bulanan, uang sumbangan SD, uang Unas, uang les, uang masuk Perguruan Tinggi dan jangan lupa....uang saku anak setiap harinya. Kadang saya merinding nek tanya berapa uang masuk Playgroup ke teman-teman saya. Cap tiau (10jt) !! Itu cuman buat masuk tok ! Anak cuman disuruh duduk dan main ambek temen-temennya ! Ngono tok biayane Cap Tiau ! Nek 10 anak dadi Cepek Tiau (100 juta).... edan ! Terus uang pangkal kuliah piro ? 50 juta ! GLODAK !

Kalo dilanjutkan....yang nulis ikut-ikutan takut...^-^' Belum nanti modali anak untuk kerja sendiri, belum nanti biaya kawinkan anak, belum nanti belikan anak rumah ! Ya Tuhan...susah benar hidup ini ! Cukup deh susahnya di saya....jangan sampai anak saya mengalami nasib yang sama. Kerja dewe, tuku omah dewe, nyelengi dewe....Itupun kalau anda sadar bahwa hidup anak anda harus lebih baik dari hidup anda saat ini. Nek anda gak mau ngurus, gak mau mikiri masa depan yang pasti terjadi ya tidak apa-apa. Toh kalo anda senang ya buat anda sendiri, kalo anda soro yo rasakno dewe !

 

MEMBANGUN MASA DEPAN CERAH

Kemajuan teknologi saat ini masih tidak bisa meramalkan masa depan manusia. Teknologi memang menciptakan dunia masa depan yang lebih baik tetapi masa depan tetaplah masa mendatang yang penuh dengan misteri dan tetaplah rahasia Tuhan. Manusia memiliki masa lalu yang seharusnya menjadi pelajaran untuk masa sekarang dan bekerja sebaik-baiknya untuk membangun masa depan yang cerah. Bagaimana caranya ?

Siklus hidup manusia pada umumnya

KEAHLIAN ATAU SKILL

Beberapa orang menyebutnya dengan talenta. Saya sendiri cenderung dengan talenta daripada keahlian karena ada sedikit perbedaan arti. Keahlian dapat dipelajari dan ditiru tetapi talenta adalah bakat alamiah. Ya, semua orang bisa memiliki keahlian dengan disiplin yang keras namun talenta adalah keahlian yang membuat seseorang nge-jos !

Apa yang sukar bagi orang lain dapat dilakukan sedemikian mudahnya. Kok bisa ? Ya itulah talenta, the different maker ! Keunggulan kompetitif seseorang. Kabar baiknya, setiap orang pasti memiliki satu talenta, entah itu talenta menyanyi, talenta berpikir praktis, talenta kepemimpinan atau talenta menulis. Anda yang jadi jongos di kantor pun memiliki talenta ! Tapi, jongos itu bukan talenta...itu image atau gambaran orang lain mengenai diri anda.

Kembangkan keahlian sebagai jaminan masa depan andaTalenta ada hubungannya dengan integritas. Yaitu cara anda memandang diri anda sendiri. Saya adalah saya ! Saya mengenal diri saya. Saya memiliki kelebihan di sini dan kekurangan di sana. Saya bukan seperti yang orang katakan, terserah mereka mau menyebut saya kuper, jongos, ngedabrus...itu urusan mereka. Saya tahu siapa saya ! Itulah integritas, yang semakin lama semakin menghilang dari muka bumi ini. Semua orang pinginnya jadi orang lain, bukan menjadi diri sendiri !

Salah seorang langganan saya menceritakan supervisornya. Dia bekerja di bidang kayu selama 20 tahun, kemudian memutuskan untuk berhenti dan memulai usaha sendiri. Tentunya bidang usaha yang sama, jualan kayu ! Lima tahun berikutnya keadaan ekonominya tambah parah. Sampai akhirnya dia membeli resep bebek dan mencoba jualan bebek di depan rumahnya. Ya, pak Supervisor ini doyan kuliner. Tiap minggu selalu keluyuran ke luar kota untuk makan terus pulang. Dia suka sekali makan dan suka meramu bumbu sendiri.

Ketika sedang ngudek bumbu...dia merasa enjoy sekali ! Iya, ngudek bumbu tok ! Rasanya tiada pekerjaan senikmat bikin sambel ! Gitu katanya !  Lah terus kenapa dulu kerja kayu ? 20 tahun lagi !! Kenapa kok gak mulai jualan bebek di masa lalu ? Kalo saja anda melakukan itu, geraimu bukan 5 tetapi sudah 500, di seluruh Indonesia ! Soalnya Pak Supervisor meremehkan keahlian ngudek bumbunya. Padahal itulah the different maker !

Saya sendiri juga sering meremehkan talenta menulis saya. Nulis ? Bikin Buku ? Sapa yang mau beli ? Sapa yang mau jadi penerbit seorang Wanapuri ? Tiga orang sudah mengakui bakat menulis saya secara tatap muka...tapi ya itu.... pertanyaan saya sama....sapa yang mau beli buku karangan Wanapuri ? Ha...ha...ha.... Tapi sebenarnya saya bisa ketawa sendiri kalo sedang nulis ! Imajinasi saya mengalir begitu saja.

Pernah makan bebek HT di Karang Empat Surabaya ? Saya diceritai sejarahnya bebek ini sama Pak Hanny, bos PT Eucasia Buana. Sebelum jualan bebek, dan mereka sama sekali tidak pernah membayangkan untuk jualan bebek, semua usaha yang mereka lakukan selalu gagal. Hingga suatu saat, saking pegelnya...seorang saudaranya bilang gini, " Wes...timbang koen kluntang kluntung gak karu-karuan bikino bebek ! You punya bebek itu enak ! Wes kon masak-o bebek sak kuatmu, kirimen ndek aku...tak tukune kabeh ! "

Cara merencanakan masa depan kitaHa...ha...ha....maka jadilah bebek HT yang terkenal itu ! Mereka gak pernah menyadari kalo ternyata talentanya di bebek !  Sama dengan anda dan saya ? Kita cenderung meremehkan talenta kita, padahal itulah satu-satunya keunggulan kompetitif dan satu-satunya pekerjaan sekaligus waktu bermain kita.  Jika pekerjaan kita anggap sebagai permainan...maka siapa yang bakal menang melawan kita ?

Keuntungan utama memiliki ketrampilan adalah  tidak perlu modal besar ! Kadang kala, skill saja sudah cukup.

Tidak semua dilahirkan sebagai anak orang kaya. Rata-rata punya bapak - ibu yang pas ! Pas buat makan, pas buat bayar sekolah, pas buat beli sepeda motor. Pas butuh modal, dikasih doa dan salam perjuangan. Nah, inilah titik balik hidup anda. Apakah  anda sudah mengembangkan ketrampilan anda selama ini ? Apakah talenta anda bertambah atau malah disimpan di lemari ?  
Apakah anda benar-benar mempelajari pendidikan masa depan ? Yang jatuh temponya hari ini, detik ini, sekarang juga !

Jika anda memiliki ketrampilan, maka anda tidak butuh modal besar. Sudah satu tahun ini saya bekerja sendiri ! Latar belakang pekerjaan saya adalah penjaga toko bahan kue, dan 10 tahun saya bekerja di sana. Tetapi sekarang ini saya bekerja sebagai seorang web designer ! Bos sekaligus pegawainya cuman satu, ya saya sendiri ^-^'

Berapa modal memulai usaha pembuatan website ? NOL ! Karena saya sudah punya PC, Laptop, tempat kerja dan tempat tinggal sendiri. Terus butuh apalagi buat mendirikan jasa website ini ? Gak ada lagi selain skill ! Kalo anda sudah punya keahlian bikin website dan suka sekali dengan pekerjaan ini, modal yang anda butuhkan hanyalah Nekat ! Dan saya sikat tantangan ini !

Bagaimana cari kliennya pak ? Itu urusan nanti ! Yang penting sekarang adalah bagaimana membuat produk yang berkualitas dulu. Apa nilai tambah produk kita daripada pesaing. Dan bagaimana kita mengembangkan produk kita hingga melewati standar kita sendiri ! Push to the limit ! Break it ! Jika memang pekerjaan itu pantas ditekuni maka kejar terus sampai menghasilkan ! Ingat 10.000 bola lampu Thomas Alfa Edison ! Dia sudah tidak menemukan lagi penyebab kegagalan lampu pijarnya karena semua kesalahan sudah dilaluinya. Dan hanya dengan satu buah lampu saja, kehidupan Edison berubah 180 derajat. Demikian pula hidup kita dan semua penduduk dunia ini. Tanpa lampu ciptaannya, dunia akan menjadi gelap gulita !

Berapa modal untuk membuat jasa website ?Saya memaksa anda untuk mengambil pendidikan ketrampilan untuk masa depan anda sendiri karena saya adalah contoh hidupnya. Jika anda tidak memiliki ketrampilan pribadi, maka ramalan saya tentang masa depan anda adalah masa depan suram. Temenan iki ! Gawe opo mbujuki ! Saya tidak takut menyongsong masa depan saya sendiri. Saya punya ketrampilan. Saya yakin masa depan saya cerah, dimanapun saya berada, kapanpun juga karena ketrampilan saya melekat dalam tubuh, jiwa dan roh saya !

Itulah ketrampilan yang dikompori dengan talenta ! Tidak terbatas ruang dan waktu ! Sekalipun anda bankrut-krut, tanpa modal sama sekali. Anda tetap memiliki skill ! Jadi kejarlah talenta anda berapapun harganya !

 

SIAPKAN RUANG UNTUK KEAJAIBAN

Kita dilahirkan dengan sebuah keajaiban, untuk detailnya bisa anda baca di Keajaiban Proses Kehamilan. Dan kita hidup di dunia yang ajaib, silahkan baca Manusia dan Alam Semesta.

Poinnya adalah ada satu kuasa yang menaungi hidup kita. Yang perlu kita lakukan hanyalah menyiapkan satu ruang di dalam hidup kita untuk sebuah keajaiban. Saya juga mengalami hal ini.

Ketika anda memutuskan untuk memulai pekerjaan sendiri maka logika dan emosi anda akan berperang satu dengan lainnya. Bisa tah saya mencukupi kebutuhan keluarga saya ? Nek gak dapat order yak apa ? Makan apa aku ? Iso dipegat bojoku lak'an ! Belum lagi sindiran teman-teman saya. Iku loh...Wanapuri...diingoni bojone...mek bondo "anu" tok ! Disek enak-enak kerjo melok orang, njeketek metu kerjo dewe ! Saiki soro urip'e. Ngutang gak bayar....wes tah lah....nek iso ojok hubungan ambek Wanapuri ! Rugi koen !

Siapkan ruang untuk mujijat dalam pekerjaan andaBaiklah...saya akan sedikit buka-bukaan dengan keuangan saya, sebagai contoh Manajemen Keuangan Pribadi yang saya tulis. Total uang yang ada dalam tabungan saya 15 juta saja. Kerjo opo nganggo duit 15 juta ? Ojok takok wes....saya sendiri gak bisa jawab...pokok'e nekat ! Cukup gak buat biaya hidup sekeluarga ? Cukup buat beberapa bulan saja. Yang pasti setiap bulannya saya harus mengeluarkan dua juta untuk memenuhi kebutuhan dasar kami. Kalau ditambah pengeluaran pribadi saya, bisa tiga empat jutaan.

Hitungan kasarnya, kalau saya tidak dapat order dalam jangka waktu lima bulan kedepan maka terjadilah hal-hal yang tidak saya harapkan. Entah itu gegeran masalah duit, entah itu gak isa makan, entah itu masalah kecil dibesar-besarkan atau hal-hal tak terduga yang memang sukanya mengacau kehidupan manusia.  Saya ingat betul waktunya, Oktober 2011.

Sekarang bulan April 2013. Jadi sudah 18 bulan saya bekerja sendiri. Waaah.... cepet yah, wes satu tahun setengah. Tak pikir baru setahun...ha...ha...ha ! Berapa jumlah tabungan saya sekarang ini ? Masih tetap 15 juta ! Loh....kok bisa pak ? Apa bapak gak menafkai keluarga bapak ? Gundulmu !! Pengeluaran ya pancet rek ! Gak mangan tah ? Gak tuku galonan Aqua tah ? Yo pancet tuku rek !

Sek....sek....sek pak ! Tak itung'e dilut...sedilut ae....anggap saja pengeluaran anda sebulan 3 juta rupiah. Nek dikali 18 berarti 54 juta rupiah. Dapat dari mana pak duit sebanyak itu ?

Loh iya....aku ae jek tak mudeng ! Kok akeh ya ? Teko ndi ae ?? Sungguhan iki rek ! Aku gak tahu dari mana datangnya ? Malahan tak pikir aku minus terus ! Teko ndi yoooo.....?? Standar hidupku juga sama, malahan beberapa bulan ini tak tambah fitness !  Ha...ha...ha....

Itulah yang saya maksudkan dengan ruang untuk keajaiban ?  Harapkanlah mujizat Tuhan, serahkan masa depanmu dalam tanganNya. Dan laluilah hari demi hari ! Lupakan kegagalan dan kesalahan masa lalu. Kerjakan pekerjaan hari ini sebaik-baiknya. Ingatlah bahwa hari ini adalah hari esok yang kita kuatirkan !

Apakah anda percaya dengan Tuhan ? Mulailah untuk percaya dengan kuasa tak terbatas ini karena di sanalah sumber pengharapan kita. Anda akan kecewa karena mengharapkan manusia....percayalah ! Saya sudah mencobanya...bukannya ditolong malah dilecehkan ! Sakitnya dobel ! Semenjak itulah saya memutuskan untuk tidak pernah lagi mengandalkan manusia, sekalipun mereka adalah teman baik atau saudara kandung saya sendiri. Duit yo duit ! Gak onok dolor-doloran nek masalah duit !

Kekuatan dari Tuhan untuk anda itu gratisDi mana saya menghilangkan ketakutan dan tekanan stress ? Di dalam Firman Tuhan. Saya pegang janjinya, saya imani dan saya memilih percaya bahwa tulisannya adalah kebenaran. Sekalipun mata saya melihat keadaan malah bertambah buruk. Saya mengosongkan pikiran saya, membuang logika saya dan memilih untuk percaya dengan tulisan nabi dan rasul yang kuno ini ! Tulisan saya tentang Hukum Allah dan Hukum Manusia akan sangat berguna bagi anda.

Terus...mbok pikir sim salabim langsung entok order ngono tah rek ? Gak tau....saya gak pernah menemukan sim salabim ini selama 18 bulan kerja sendiri. Yang ada hanyalah pagi hari yang mengkuatirkan, siang hari tanpa order dan malam hari yang menyedihkan. Berbulan-bulan saya hidup dengan kekecewaan sim salabim ini sampai pada satu titik.

Saya akan melakukan apa yang bisa saya kerjakan pada hari ini, detik ini juga akan saya lakukan. Setelah itu saya serahkan pada Tuhan....manusia berusaha, Tuhan yang menentukan. Manusia bekerja...rejeki datangnya dari Tuhan ! Saya percayai dan jalani hari demi hari. Hasilnya ya kayak gini ini....dari mana datangnya order dan duit 54 juta tadi ? Emboh....nek aku mbok paksa ngitung...aku nyerah wes....gak ngerti aku rek ! Temenan iki !

Irawati yang sering men-comment Facebook Pages Wapannuri [dot] com waktu saya BBMan mek ngomong mbek ngece, "Jek tas sadar ? Wes gak usah diitung !" Ha...ha...ha...pendek nylekit ! Podo karo wong'e ! Kapan - kapan liaten profile...sing ngarai gemes iku andeng-andeng'e....^-^'

 

KESIMPULAN
Cara merencanakan masa depan adalah meningkatkan ketrampilan yang sesuai dengan talenta kita. Pelajari setiap hari, bab demi bab. Tidak ada cara instan ! Semua orang sukses bolak balik menekankan kebenaran ini, Tidak ada cara instan untuk mewujudkan masa depan cerah !

Dunia masa depan akan berbeda dengan apa yang kita kenal hari ini. Ikuti kemajuan teknologi karena itulah rahasia masa depan. Eyang Subur atau Suhu Acai yang bisa meramal nasib, jodoh dan karier hanyalah ilusi. Anda sendiri yang membangun masa depan anda !

The Cashflow Quadran: Di manakah anda berdiri ?
Ada 4 jenis pekerjaan di dunia ini. Jangan salah memilih jenis pekerjaan. Fatal akibatnya !

Share this content

ARTIKEL TERBARU

BISNIS ONLINE

SERI WIRASWASTA

PERENCANAAN KEUANGAN

ARTIKEL LEPAS