Website Wapannuri

PENTINGNYA MEMILIKI VISI PRIBADI

Manusia hidup memiliki tujuan. Sayangnya, sebagian besar dari kita bingung dengan tujuan hidup ini. Sebenarnya tujuan dan visi berbeda, tapi untuk memudahkan pemahaman kita, ada baiknya kita menganggap visi sama dengan tujuan.
Visi adalah pandangan yamg jauh ke depan alias tujuan tanpa akhir. Contoh sebuah visi adalah manusia bisa terbang, malam hari menjadi terang seperti siang hari. Visi pertama tadi dimiliki oleh Wright brother yang akhirnya berhasil menciptakan pesawat terbang. Sedangkan visi kedua berhasil diwujudkan oleh Thomas Alfa Edison dengan menciptakan lampu pijar.  Yamg pasti, jaman dimana Wright dan Edison hidup, visi mereka adalah omong kosong alias mimpi di siang bolong, yang tidak mungkin bisa terwujudkan ! Saat ini kita bisa hidup nyaman berkat visi ketiga orang tersebut ! Nah, apa visi pribadi anda ?

Visi Pribadi

 

VISI DAN TALENTA PRIBADI
Tidak ada seorangpun di dunia ini yang tidak memiliki kelebihan sekaligus kekurangan. Tuhan, sang pencipta semesta, adil. Dia memberikan tiap-tiap manusia beberapa kelebihan atau talenta dengan tujuan supaya mereka hidup berdampingan, saling membantu, dan bekerjasama. Kelebihan seseorang bertujuan untuk menutupi kekurangan orang lainnya. Demikian pula kekurangan orang lain ditutupi oleh kelebihan kita.

Bagaimana kita bisa mengerti kelebihan kita ? Paling tidak melalui tes psikologi. Ada banyak teori tentang karakter manusia, saya lebih condong dengan teorinya Taylor Hartman yang membagi manusia berdasarkan motif dasarnya. Ada empat motif dasar menurut teori karakter manusia ini :

1. Motif kekuasaan
2. Motif kebajikan
3. Motif kedamaian
4. Motif kesenangan

Silahkan klik masing-masing motif tersebut untuk mengetahui lebih jelas maksud saya. Sedangkan untuk mengetahui motif dasar anda sendiri bisa mencoba tes psikologi Taylor Hartman. Dengan mengetahui motif dasar anda sendiri, maka anda telah melewati tahap pertama pengenalan diri. Tahap berikutnya adalah mengembangkan kelebihan anda yang dominan.

Saya cenderung mengabaikan kekurangan diri saya dan lebih mengerahkan waktu dan tenaga untuk mengembangkan kelebihan yang saya miliki. Alasannya sederhana, karena waktu dan tenaga saya terbatas. Lagipula, mengembangkan kelebihan membutuhkan waktu dan tenaga yang besar. Ilmu pengetahuan tidak ada habis-habisnya, seumur hiduppun, saya tidak akan berhasil mengembangkan kelebihan saya sampai tingkat tertinggi atau kesempurnaan. Saya lebih suka menunjukkan kelemahan saya dan berharap orang untuk menutupinya.Toh, sekeras-kerasnya usaha yang saya lakukan untuk menutupi kelemahan saya, orang lain tetap dengan mudah melihatnya....he....he...he.... jadi ngapain susah-susah menyembunyikannya ! Saya kasar.... iya, saya kolot....betul, omongan saya pedas....tepat sekali ! Inilah diri saya, tidak ada yang saya tutup-tutupi !

Anda boleh melihat kekurangan saya dan mengkritiknya sepuasnya. Namun cobalah menjadi dewasa dan sedikit produktif. Cobalah untuk melihat saya lebih obyektif, cobalah untuk melihat kelebihan saya juga kemudian nilailah saya sekali lagi ! Bagi sayya, inilah kedewasaan itu, mampu menerima diri sendiri apa adanya, juga mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain ! Sejelek-jeleknya perilaku orang itu, dia adalah manusia ciptaan Tuhan juga. Sama seperti saya !

Mewujudkan visi pribadi tidak akan pernah terlepas dari hobby atau sesuatu yang kita lakukan dengan senang hati. Apa sih kesukaan anda ? Sesuatu dimana anda bersedia mati untuk bisa melakukannya. Nah, di sini ada bias atau penyimpangan karena keadaan !

Kita membutuhkan uang untuk hidup. Ada yang harus bekerja supaya bisa hidup. Di sinilah letak penyimpangan itu. Anda haru jujur pada diri sendiri dan menanyakan apakah pekerjaan ini saya sukai atau saya membutuhkan pekerjaan ini untuk bisa hidup dan menghidupi keluarga saya. Selama bias ini tidak anda bersihkan, maka anda tidak akan pernah memiliki visi pribadi.  Satu-satunya cara untuk menghilangkan bias ini adalah jujur terhadap diri sendiri ! Benarkah pekerjaan ini saya sukai ataukah saya mengerjakannya untuk bisa hidup ? Kelihatannya mudah, tapi coba lakukan, saya yakin anda akan bingung....ha...ha...ha... gak apa-apa, lebih baik bingung saat masih mampu melakukan perubahan daripada bingung saat kita sudah tidak mempunyai pilihan !

Lagipula, kesuksesan yang berhasil dicapai oleh orang-orang besar. di dunia ini pasti didasari oleh visi pribadi ! Visi Google adalah membantu orang lain mencari informasi yang mereka butuhkan di internet,  Visi Honda adalah menyediakan alat transportasi yang murah dan mudah dirawat, Visi Robert Kiyosaki adalah mengajarkan dunia bisnis yang tidak diajarkan di sekolah. Jika anda ingin menjadi seperti mereka, maka visi pribadi anda adalah syarat pertamanya !

Visi dan Misi PribadiPetunjuk kedua untuk mengetahui visi pribadi  adalah masa lalu anda. Apa yang selama ini anda lakukan adalah tuntunan dari Yang Maha Kuasa. Tidak ada yang namanya kebetulan di dunia ini, dan tidak ada sesuatu tanpa seizin Tuhan terjadi dalam hidup kita. Pendeknya, Tuhan menuntun dan memaksa kita untuk mengikuti mauNya. Masalahnya dengan Tuhan adalah Dia tidak pernah menyerah dan tidak mengenal putus asa ! Benar-benar pribadi yang merepotkan....he...he...he...

Ketika anda masih bingung dengan visi pribadi anda, maka evaluasilah masa lalu anda, dimana anda menghabiskan waktu anda ?

 

MEMILIKI VISI PRIBADI ADALAH SYARAT KESUKSESAN
Bisa hidup di dunia ini saja sudah merupakan suatu kesulitan. Terlalu banyak masalah, godaan, dan cobaan untuk dihadapi. Uang sekolah yang mahal, sakit yang tak diundang, saudara yang merepotkan, dan seabrek masalah lainnya yang datang tak diundang. Kita bisa bertahan selama ini karena kita terpaksa ! Apalagi bagi seorang laki-laki, akulah kepala keluarga yang bertanggungjawab mengidupi istri dan anak-anakku ! Merepotkan ! Tapi mau gimana lagi, yo dijalani ae, wes kadung soalnya ! Wakakakakakak....

Masalah akan bertambah rumit ketika anda berniat untuk mewujudkan visi pribadi anda ! Kurangnya modal, tiadanya pengalaman, dan ganasnya persaingan di luar ! Belum lagi taruhan yang harus anda makan ! Kalo berhasil berarti sukses seumur hidup, kalo gagal berarti sengsara seumur hidup (melankolis sekaleee!) Gak mungkin lah, gagal berarti sengsara seumur hidup. Itu mah ketakutan anda sendiri ! Wong saya melakukan sesuatu yang saya sukai, cintai, dan akan terus saya lakukan sekalipun saya tidak dibayar !

Kegagalan bukanlah akhir dari segala-galanya, kegagalan adalah awal dari melakukan sesuatu dengan lebih baik ! Gagal sama wajarnya dengan berhasil ! Suatu pola kehidupan yang normal dan manusiawi ! Tidak ada orang yang sukses tanpa pernah mengalami kegagalan ! Pertanyaannya adalah mengapa mereka bisa tetap maju ? Jelas karena mereka memiliki Visi Pribadi. Visi inilah yang memampukan mereka untuk bertahan, tetap bersemangat, dan yang membedakannya dengan pesaing-pesaingnya.

Mereka yang memiliki visi akan lebih unggul dari mereka yang bekerja supaya bisa hidup ! Orang yang bekerja karena menyukainya akan selalu bersemangat dan tambah bersemangat ketika menghadapi masalah rumit. Orang lain melihatnya sebagai pribadi yang tidak pernah lelah ! Memang inilah kekuatan sebuah visi pribadi ! Saking kuatnya sampai-sampai bisa merubah dunia !

Seseorang yang visioner tidak pernah puas karena mereka memang tidak pernah bisa mewujudkan impiannya. Ketika visi ditangkap dan dikejar, maka dia akan bertambah besar. Visi Wright bersaudara adalah manusia terbang di angkasa, visi ini berkembang menjadi manusia terbang ke bulan, dan berkembang lagi menjadi manusia hidup di planet lain ! Visi memang gila ! Karena itu orang yang berusaha mewujudkannya sering disebut sebagai orang gila ! Tapi tanpa orang-orang gila ini kita tidak akan bisa hidup seperti sekarang ini !

Kalau anda disangka gila oleh teman-teman anda bahkan oleh keluarga anda sendiri, maka anda berada di jalan yang benar... ha...ha...ha.... Bilang aja ke mereka kalo Lakon'e menang keri !

Terakhir, jangan pernah membandingkan diri anda dengan orang lain. Jangan menggunakan cara mereka, dan jangan pernah meniru mereka ! Jawabannya sederhana, anda akan menjadi jauh lebih efektif dan efisien jika anda menjadi diri anda sendiri. Anda memiliki cara sendiri yang memampukan anda memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan dengan orang lain. Biarkan mereka melakukannya dengan cara mereka, dan do it in your way ! It's My Way !  Kalo orang lain mengklaim caranya adalah terbaik, tercepat, dan termudah, biarkan saja ! Cobalah ambil poin-poin terbaik yang mereka lakukan dan sesuaikan dengan cara anda ! Ini jauh lebih efektif  dan bermanfaat daripada meniru atau mengritiknya !  

Visi Pribadi dan Kesuksesan

 

KESIMPULAN
Memiliki visi pribadi adalah langkah pertama untuk mencapai kesuksesan. Visi pribadi memampukan kita untuk bertahan menghadapi segala kesulitan dan menjadi sumber energi yang tidak ada habis-habisnya ! Visi pribadi tidak akan terlepas dari talenta dan kelebihan yang kita miliki.

Perjuangan tersulit yang harus kita hadapi adalah menemukan visi pribadi kita yang unik. Kabar buruknya, pada titik ini tidak ada orang yang bisa membantu kita kecuali kejujuran kita terhadap diri kita sendiri. Seperti kata film-film, jawabannya ada dalam diri kita sendiri ! Koyok Kung Fu Panda ae pak.... ho...ho...ho....

Mau sukses ? Milikilah visi pribadi dan berjuanglah untuk mewujudkannya ! Jangan kuatir karena masih ada Tuhan !

Rahasia Kesuksesan Yang aneh tapi TERBUKTI!
Orang mencari formula ajaib yang bisa membuatnya kaya mendadak ! IT'S IN YOU!

Share this content

ARTIKEL TERBARU

BISNIS ONLINE

SERI WIRASWASTA

PERENCANAAN KEUANGAN

ARTIKEL LEPAS