Website Wapannuri

EMAS, CADANGAN KITA !

Kalau sudah punya cukup tabungan....langkah kedua kita adalah membeli emas. Mengapa ?

Emas

INFLASI
Bukan menjadi rahasia umum lagi kalau duit kita semakin lama semakin habis nilainya. Tahun lalu, uang 50rb kita bisa buat untuk jajan selama 1 minggu. Sedangkan saat ini, uang 50rb kita hanya bisa buat jajan selama 3 hari. Yang seharusnya menjadi pertanyaan kita, uang 50rb kita di tahun depan bisa untuk jajan dalam berapa hari ?

Bandingkan jika kita mempunyai 1 gram emas. Tahun lalu kita beli seharga 170rb-an. Bisa untuk jajan selama 1 bulan ! Sedangkan tahun ini harganya sekitar 280rb-an. Juga bisa buat jajan selama 1 bulan ! Jadi ada dua kesimpulan yang tak dapatkan.

  1. Pertama, nilai emas tidak tergerus dengan inflasi, juga tidak lebih tinggi dari inflasi. Emas mengikuti inflasi.
  2. Kedua, pemerintah ngomong kalau tingkat inflasi kita antara 6 - 9% per tahun. Tetapi harga emas berkata lain...60 - 90% selama 2007 - 2008 ini. Kalau mau di singkat...nilai duit kita berkurang antara 10 - 20 % per tahunnya.

 

TIDAK RUGI LOH
Ada beberapa orang yang berkata...mendingan duitku tak taruh di bank saja karena dapat bunga ! Lumayan kan.

Baiklah....itu adalah pilihan anda....dan saya juga tidak masalah dengan pilihan anda. Yang ingin saya sampaikan kepada anda adalah bunga di bank kita saat ini adalah semu. Tingkat bunga saat ini antara 6 - 10%...lalu berapa tingkat inflasi kita saat ini ? Bukankah antara 6 - 9% juga. Memang nilai nominal tabungan anda bertambah, tetapi coba kurangkan dengan pajak bunga yang antara 10-20%. Apakah sama dengan tingkat inflasi...nggak kan, malahan ada di bawahnya. Bank tidak memberikan keuntungan atas tabungan kita...karena bank merasa tidak membutuhkan tabungan anda plus tabungan anda berarti bank mempunyai utang kepada anda.


Investasi Emas Batangan
Emas batangan atau logam mulia, bukan emas perhiasan. Kenali bedanya !

Share this content

ARTIKEL TERBARU

ARTIKEL EKONOMI

POLITIK

ARTIKEL LEPAS