Website Wapannuri

CARA MEMPERBAIKI POMPA BENSIN ROTAX SUZUKI FORSASeri Otomotif

Fungsi utama pompa bensin adalah menarik bbm dari tangki ke karburator. Rusaknya fuel pump ini akan mengakibatkan mesin mobil mati mendadak dan tidak bisa distater sampai diperbaiki atau diganti baru. Dalam tutorial ini, mobil Suzuki Forsa saya menggunakan pompa bensin Suzuki Carry ST1000. Kerusakannya adalah platina rotax yang aus karena pemakaian. Spare part inilah yang saya ganti dalam tutorial yang akan anda baca. Semoga bermanfaat.

Cara mengganti platina rotax elektrik Suzuki Forsa

 

MENGENALI GEJALA POMPA BENSIN ELEKTRIK YANG RUSAK

Setiap kali menghidukan mobil Suzuki Forsa, saya selalu mendengar bunyi cetik-cetik-cetik dari dalam kap mesin. Itulah bunyi pompa bensin elektrik. Memang berisik, tapi menjadi pertanda bahwa supply bensin ke karburator saya baik-baik saja.

Tiba-tiba saja, saya kehilangan bunyi cetik-cetik tadi. Mobil masih bisa distater karena selalu ada bensin di karburator. Namun beberapa menit kemudian mesin mobil mati. YA ! Saya yakin penyakitnya di pompa bensin ini. Buka kap mobil dan lihat filter bensin...tidak ada tarikan atau gelembung udara….positif pompa bensinnya bermasalah. Saya ketok-ketok, biasanya nyala. Kali ini gak nyala. Saya ambil kunci pas dan ketok lebih keras. Nyala sebentar cetik-cetik terus mati lagi.

Waduh, wayahe ganti pompa bensin ! Apa mungkin bukan kabel-kabelnya ? Saya ambil avometer dan cek kabel positif dan negatifnya. Set ke 20V dan lihat…. 12,5v. Berarti ada supply listrik, kabel normal. Masalahnya di rotax elektrik ini. Hmm...coba seh browsing dulu, sapa tau masih bisa diperbaiki. Saya beli mobil kan untuk belajar, sekarang ada masalah, kalo memang tidak bisa diperbaiki ya beli baru satu set dan langsung pasang. Masalahnya selesai...tapi saya kehilangan kesempatan belajar utak-atik ini. Antara waktu dan uang, keahlian dan pelajaran. Ya wes...nekaat !

Letak pompa bensin elektrik rotax Suzuki Forsa

Cara melepas pompa bensin elektrik mobil

Skema kelistirkan pompa bensin elektrik mobil Suzuki Forsa

Pompa bensin elektrik Rotax Suzuki original

Pertama saya lepas kabelnya yang dua biji itu. Yang plus ikut di coil, yang minus ikut di body. Setelah itu lepas pompa bensin dari pangkon-nya. Terakhir lepas 2 selang bensinnya. Yang satu dari filter ke rotax, satunya lagi dari rotax ke karburator. Sudah selesai.

Letakkan rotax di meja, buka satu baut dengan obeng plus. Perhatikan kabelnya, tarik dan dorong kabelnya untuk membuka tutupnya. Bagian atas pompa bensin elektrik ini mirip dengan switch otomatis pompa air. Kan sebutannya pompa bensin, jadi cara kerjanya juga sama dengan pompa sanyo.

Bunyi cetik-cetik ini berasal dari switch otomatis yang naik-turun. Dan kerusakan pompa bensin saya di bagian ini.

Penyebab kerusakan pompa bensin elektrik mobil

 

MENGGANTI PLATINA ROTAX POMPA BENSIN

Saya tidak tahu namanya spare part ini dan juga lupa nanya sama tokonya. Yang saya lakukan adalah membawanya ke toko onderdil di Kedungdoro, Surabaya dan menunjukkannya.

Alamat dan nomer telepon toko sparepart suzuki Sinar Bintang KedungdoroKebetulan saya mau mencoba toko baru langganannya Om Hadi, salah satu anggota komunitas SFCI Jatim chapter Gresik-Surabaya (GRESBY). Nama tokonya Sinar Bintang, tepatnya di jalan Kedungdoro no. 155B, telpon 031-532 5474. Acer-ancernya depannya NAV kedungdoro. Tidak ada papan namanya, jadi harus liat spanduk di dalam tokonya.

Kata om Hadi, harga onderdil Suzuki di toko ini cukup miring. Apalagi kalo bilang temannya Om Hadi… kali ini saya tidak menawar sama sekali dan juga tidak bilang temannya. Waktu menanyakan spare part ini, saya ditawari yang orisinil, harganya 60.000 rupiah. Sedangkan pompa bensin lengkap seperi punya saya harganya 360.000 (orisinil). Katanya, yang imitasi “mbojay".

Saya mikir...daripada beli pompa orisinilnya mendingan beli membran orisinilnya Forsa, selisih sedikit. Om Slamet yang juga salah satu komunitas GRESBY baru mengganti rotax ke membran, harga orisinil Suzuki Forsa 425.000. Ya jelas berani pake membran yang memang disain aslinya dari Jepang. Sementara saya coba ganti switch nya dulu. Kalo tidak berhasil baru mikir lagi.

Cara membuka dan memasang switch platina rotax ini sangat mudah. Buka kedua bautnya, dan solder kabelnya. Seperti itu saja, seperti yang bisa anda lihat di video Youtube ini.

Membuka bagian dalam pompa bensin elektrik

Solusi praktis memperbaiki fuel pump carry

Platina rotax pompa bensin Suzuki Carry

Kembalikan pompa bensin ke tempatnya dan masalah anda terselesaikan. Guampang soro !

Cara mengganti dan menyetel Platina Mobil Suzuki Forsa
Posisi rotor harus di Top-1, jangan lupa ganti juga kondensor nya...mau tahu ciri-ciri platina asli ?

Share this content

ARTIKEL TERBARU

ARTIKEL EKONOMI

POLITIK

ARTIKEL LEPAS