Website Wapannuri

FILM DAN VIDEO KIAMAT, 2012 AKHIR ZAMAN KITA ?

Semenjak tahun lalu, fenomena mengenai akhir zaman mulai muncul. Tambah hari tambah kuat dan tambah sering berita – berita mengenai hari kiamat ini muncul di media yang ada terutama di gedung bioskop. Hampir tiap bulan muncul film – film yang bercerita mengenai akhir dari dunia yang kita tinggali ini. Belum lagi video yang beredar di YouTube, jumlahnya bisa jutaan bro.... Ketika saya search di Google mengenai topik ini, langsung muncul video “Dangdut Akhir Zaman” yang tidak ada hubungannya dengan pembahasan kita kali ini....hi..hi...hi....bisa – bisa aja tuh orang kasih judul !

 Apakah yang sedang terjadi sekarang ini ? Apa benar tahun 2012 adalah akhir dari segala kehidupan di muka bumi ini ? Apakah bencana – bencana yang terjadi di seluruh dunia saat ini adalah tanda – tanda hari Kiamat seperti yang tertulis di Alkitab orang Kristen dan kitab suci orang Islam ? Dan terutama apa kata Wapannuri ?

Kiamat, akhir jaman kita

 

FILM DAN VIDEO AKHIR ZAMAN
Pertama – tama mari kita lihat film – film yang bercerita mengenai Akhir Zaman. Saya membuka topik ini dengan Vidio kiamat karena siapa sih yang tidak suka liat filem ? Lagipula, sebuah gambar lebih banyak menjelaskan daripada kata – kata !

Kiamat versi Independence Day Independence Day. Inlah film akhir zaman pertama yang saya lihat. Hari kiamat tiba saat alien dan temen – temennya datang ke bumi tercinta kita. Makhluk yang sering kita sebut dengan UFO  itu berniat menghancurkan kota – kota besar dunia mulai dari Washington, Beijing, Paris, (Jakarta tidak termasuk loh....) sampai London. Bagaimana perjuangan Will Smith yang memang sering membintangi filem – film yang berhubungan dengan Teknologi ini (Misalnya, Irobot, Man In Black, Hancook, Enemy of The State, dan Wild Wild West)
 
Hari Kiamat dengan Meteor besar Armageddon, akhir zaman menurut film yang disutradarai Michael Bay ini dibuat tahun 1998. Dunia yang kita tinggali akan dihantam oleh meteor besar yang mengarah langsung ke jantung bumi. Alternatif yang ada untuk menyelamatkan kehidupan manusia adalah dengan menaruh bahan peledak nuklir di asteroid tersebut untuk memecah atau menggeser orbit metor sehingga menjauh dari bumi. Waktu yang mereka punyai adalah 18 hari. Berhasilkah Bruce Willis, Ben Affleck, dan kawan – kawan menyelesaikan misi menyelamatkan dunia ini ?
   
Film Deep Impact

Deep Impact, 1998.
Sutradara :Mimi Leder
Pemeran utama
: Elijah Wood, Morgan Freeman, Robert Duvall.

Bumi akan dihantam metor besar sehingga mengakibatkan air laut naik dan menyapu semua daratan yang ada. Saya lebih menyukai alur cerita film ini daripada Armageddon karena lebih menyentuh sisi emosional kita. Ketika kita tahu bahwa kita pasti mati, apa yang akan kita lakukan ?

Tentu saja melakukan apa yang seharusnya kita lakukan tetapi tidak pernah kita lakukan karena berbagai alasan dan kesibukan. Itulah yang sebenarnya diangkat dalam filem ini. Apa sebenarnya tujuan hidup kita ? Apa yang benar-benar penting bagi kita ? Ketika uang, kekayaan, jabatan, ataupn koneksi tidak bisa menyelamatkan hidup kita !
 
Video Kiamat dengan Air Bah The Day After Tomorrow, 2004. Berdasarkan kondisi cuaca yang ekstrim di berbagai dunia saat ini. Mulai dari kota Surabaya yang hujan, panas, lembab, berangin dan tak bisa diperkirakan sampai dengan Inggris yang minus 0 derajat dan membekukan maka saya merasa kondisi kita sekarang mirip dengan film ini. Hari kiamat dimulai dari retak dan mencairnya gunung es di benua Antartika akibat pemanasan global. Jika kondisi ini dibiarkan maka air laut akan naik dan menyapu seluruh belahan bumi. Bukan itu saja, udara akan menjadi sangat dingin sehingga luapan air tersebut akan menjadi es.
 
Film Resident Evil Resident Evil 2 : Apocalypse
Resident Evil 3 : Extinction
Resident Evil, 2002 - 2010.  Nek film ini rasanya gak mungkin menjadi akhir dunia kita. Tapi tetap saya masukkan ke dalam topik kita karena dunia sudah berakhir ! He...he..he...Ada-ada saja pak Wapan ini. Wes...wes...soro...soro! BTW, Film ini harus ditonton loh...bagus soalnya ! Ada empat seri yaitu RE1, Apocalypse, Extinction, dan Afterlife.
 
Hari Kiamat versi Alien War of The Worlds, 2005. Tema film ini hampir sama dengan Independence Day. Bumi diserang oleh makhluk asing. Bedanya kalo di Independence Day perang melawan alien ini lebih banyak menggunakan pesawat terbang. Sedangkan di War of The Worlds  yang dibintangi oleh Tom Cruise ini menggunakan senjata seadanya. Para Alien ini menggunakan darah manusia sebagai bahan bakarnya, jadi anda akan banyak menemukan warna merah ketika menonton video ini. Serem! Ngomong – ngomong soal Tom Curise jadi inget deh ama Matrix Trilogy !
   
The Day The Earth Stood Still, masih tentang Kiamat

The Day The Earth Stood Still, 2008.
Sutradara : Scott Derrickson

Dunia kiamat karena manusia menjadi semakin egois, semakin jahat, dan semakin mementingkan diri sendiri. Keanu Reeves berperan sebagai alien (atau Tuhan) bernama Klatuu yang bertugas mengakhiri dunia ini ! Metodenya adalah menggunakan teknologi canggih seperti virus  yang menghabiskan semua yang dilewatinya.

   
2012 hari kiamat 2012, 2009. Bangsa Maya meramalkan bahwa dunia akan berakhir pada tanggal 21 Desember 2012 (21.12 .2012) Kok rasanya lebih keren tanggal 20 Desember 2012 yaa  (20.12.2012) ? Di berbagai dunia terjadi gempa bumi, retakan, gunung meletus dan ditutup dengan air bah atau banjir besar ! Satu – satunya jalan untuk selamat adalah bahtera Nuh yang sudah disiapkan oleh pemerintah – pemerintah di dunia. Anehnya yang diselamatkan adalah orang – orang yang berduit, bukan orang – orang yang hatinya benar di hadapan Tuhan ! Efeknya luar biasa bagus !
   
Legion, Ketika Tuhan hendak mengakhiri bumi Legion, 2010. Dalam film ini, Tuhan memutuskan untuk membinasakan semua manusia karena Dia sudah putus harapan dan tidak mempunyai jalan lainnya atas kehendak bebas yang dimiliki mereka. Michael, sang penghulu malaikat atau komandan perang Allah memutuskan untuk memberontak terhadap keputusan Tuhan. Mikhael berpihak kepada manusia dan melawan kehendak Allah. Sama dong dengan Lucifer...iyo...! Bedanya si Mikhael melawan Kehendak Tuhan demi membela manusia !
   
Download film SkyLine

Skyline, 2010.
Sutradara : Colin Strause & Grek Strause
Pemain Utama : Eric Balfour, Donald Faison, Scottie Thompson

Wah....saya belum lihat filmnya. Katanya jelek ! Ceritanya ada alien yang berniat menghancurkan bumi ini dan mengakhiri kehidupan manusia. Metodenya menggunakan cahaya aneh. Siapapun yang melihat sinar tersebut akan meninggal dan hilang !

 

TANDA AKHIR ZAMAN
Tema kiamat ini mulai ngetren di tahun 1998 kemudian turun dan sekarang naik daun lagi di tahun 2010 ini. Apakah gara – gara Roland Emmerich dengan film 2012 ? Ataukah karena banyaknya bencana dan cuaca extrem yang terjadi sekarang ini ? Hmm, darimana kita menghubungkan bencana dengan akhir jaman atau cuaca ekstrim dengan kiamat ? Ya...dari video 2012 itu toh pak Wapan. Bagi umat kristiani jawabannya adalah dari Alkitab ! Saya rasa, om Roland juga mendapatkan inspirasi filmnya dari Kitab suci mereka.

Dalam Alkitab, ramalan mengenai hari kiamat ini bisa ditemukan di kitab – kitab injil yaitu Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes serta di kitab Wahyu. Perbedaannya, kitab injil hanya menjelaskan akhir zaman secara global sedangkan di buku Wahyu lebih jelas. Yang mana yang lebih penting ? Kitab Injil adalah perkataan sang pencipta dunia sendiri (menurut keyakinan kristiani) sedangkan kitab Wahyu adalah suara Allah yang didengar dan ditulis oleh nabi Yohanes. Singkatnya, kitab injila adalah berita dari orang pertama sedangkan kitab Wahyu dari orang kedua. Bagi saya, perkataan orang pertama cenderung lebih mendekati kebenarannya dibandingkan dengan kabar dari orang kedua. Karena sudah menjadi kebiasaan manusia untuk menambahi dan mengurangi esensi berita ! Namun, siapapun yang menyampaikan tidaklan begitu penting bagi kita semua. Sebab yang paling perlu adalah arti berita tersebut. Cara penyampainnya tidak terlalu penting daripada isinya. Setuju ?

Manfaat apa yang dapat kita ambil dari demam akhir jaman yang terjadi saat ini ? Itulah yang paling penting ! Bukan pertanyaan mengenai kapan hari kiamat tiba ? Kita semua pasti mati, jadi mengapa harus bingung dengan pertanyaan kapan kita mau meninggal ? Kita gak mau mati sekarang karena masih banyak hal yang belum kita lakukan, masih banyak tempat yang belum kita kunjungi, dan masih banyak juga kenikmatan dunia yang belum kita rasakan. Saya belum pernah makan lobster, saya belum pernah menikmati kepiting singapore yang besarnya seperti buah apel dan saya belum makan daging sapi Wagyu. Saya belum pernah mengalami 4 musim, saya gak pernah memegang salju, saya belum pernah ke Disneyland, dan saya belum pernah bercinta dengan orang bule (sensor---sensor--sensor!), orang Arab, dan orang Ebony. Makanya saya belum mau mati sekarang ! Saya belum siap untuk mati !

Saya yakin semua orang belum siap untuk mati. Ngomong – ngomong masalah meninggalkan dunia ini. Sudah nonton film The Bucket List yang dibintangi oleh Morgan Freeman dan Jack Nicholson ? Film ini bercerita mengenai kedua orang tersebut divonis dokter masa hidupnya tinggal beberapa bulan. Tidak ada yang dapat dilakukan selain menunggu datangnya hari kematian mereka. Dokter malah menyarankan mereka untuk mulai menulis hal – hal yang akan mereka lakukan untuk mengisi sisa hidup mereka ! Film ini bagus dan sangat saya sarankan untuk ditonton karena menampar kita dengan pertanyaan penting mengenai tujuan hidup kita ! Jika koneksi internet anda unlimited dan cepat anda bisa mendownload film – film ini dengan gratis. Mengenai cara dan langkah-langkahnya ada di bagian akhir tulisan ini !

The Bucket List

Apakah mengetahui akhir jaman itu suatu keharusan ? Apakah mengenali tanda – tanda kiamat itu adalah tujuan hidup kita ? Setelah kita bisa meramalkan dengan akurat hari kiamat dunia kita ini lalu apa ? Apa yang akan kita lakukan sambil menunggu hari kematian kita ? Saya pikir ini yang seharusnya menjadi perhatian kita ! Jika hidup kita tidak bermanfaat bagi orang lain, segera berubah. Jika sikap dan perbuatan kita seringkali membuat orang lain marah, segera perbaiki karakter kita. Jika orang sering mendoakan yang jelek-jelek untuk kita segera intropeksi ! Kita tidak bisa tahu kapan hari kiamat tiba, tetapi kita tahu kita bisa melakukan sesuatu dengan sisa hidup kita ! Sesuatu yang membuat kehidupan ini lebih berarti, lebih berkenan, dan lebih mendatangkan kebahagiaan. Buat kita sekaligus juga buat orang lain.

Kitab suci orang kristen memberi tahu kita bahwa akhir zaman dimulai dengan tanda – tanda berikut :

  1. Perang, atau kabar akan ada perang besar – besaran
  2. Kelaparan
  3. Gempa bumi
  4. Penyiksaan dan penderitaan bagi orang beriman
  5. Penyesatan dan penyembahan berhala

Bagaimana kondisi dunia kita saat ini jika dibandingkan dengan tanda – tanda diatas ?

Perang ? Korea Utara dan Korea Selatan mulai memicu perang di benua Asia. Kelaparan, dimana – mana selalu terjadi kelaparan dan setiap tahun selalu ada kejadian seperti ini. Gempa bumi ? Bagi orang Jepang sudah menjadi acara sehari – hari. Namun beberapa tahun ini Indonesia banyak sekali mengalami gempa bumi, mulai dari Aceh, Jawa Barat, dan tahun ini Gempa di Jawa Timur. Biasanya gempa bumi seringkali diiringi dengan gunung meletus, timbulnya retakan di tanah, dan gelombang laut. Rasanya tahun depan Jawa timur bakalan sering mengalami bencana nih. Gunung Bromo, Gunung Krakatau, dan Gunung-gunung lainnya...siap – siap aja ! Karena tidak ada ruginya sedia payung sebelum hujan ! Penyiksaan dan Penyesatan bagi orang beriman ? Wah udah dari dulu mas, mbak !

Jika kita bandingkan antara keadaan saat ini dengan ramalan dari Alkitab, rasanya akhir zaman masih jauh dari hadapan kita. Tapi siapa tahu ? Bisa saja saya salah ! Tapi jangan kesampingkan kemungkinan bahwa bisa saja saya benar ! He...he...he....Benar atau salah ramalan saya, tidak begitu saya pusingkan karena Tuhan sendiri ngomong kalo kita gak usah mikiri kapan kiamat tetapi bersiap – siaplah untuk menghadapi hari kiamat ! Hidup hanya sekali, harus dinikmati, harus menyenangkan, dan harus bermanfaat bagi orang lain !

Download Film Bioskop dan Video GRATIS
Pelajari caranya, jenisnya, dan software yang anda butuhkan ! 100% GRATIS

Share this content

ARTIKEL TERBARU

ARTIKEL EKONOMI

POLITIK

ARTIKEL LEPAS