Website Wapannuri

CARA MENGGANTI PAKING SILINDER KOP SUZUKI FORSASeri Otomotif

Pada awalnya, oli mesin mobil Suzuki Forsa saya merembes dari sudut kiri atas silinder kop. Saya panggil mekanik untuk memperbaikinya sambil tak lihat caranya. Buka filter, buka ke-empat mur-nya, tarik kop mesinnya. Bersihkan dan pasang packing baru lalu kembalikan seperti semula. Paling lama 15menit selesai. Satu bulan kemudian, bocor lagi. Tak pikir kurang seret, jadi saya kencangkan mur-nya. Tak sampai 5 menit. Dan akibatnya fatal, olinya malah merembes dari mana-mana. DIEENG !

Cara mengatasi kebocoran oli dari tutup mesin mobil Suzuki Forsa

 

SPARE PART SUZUKI FORSA BENAR-BENAR MURAH

Saya lihat bon pembelian packing tutup mesin lalu dan melihat harganya Rp 80.000,00. Panggil tukang 100.000 rupiah. Waduh, habis 200 ribuan lagi nih. Kalo kerjaan lancar, dagangan laris sih gak masalah. Lah ekonomi lagi lesu kayak gini, omzet menurun, pengeluaran 200 ribu kok rasanya berat sekali. Kalo dibetulin sendiri bisa ngirit 100 ribu….bisa buat beli susu tuyul cilik. Tapi nek tambah parah yok opo…tapi eman rek 100 ribu.

Gini ae wes, tak bongkar dulu, kalo berhasil syukur alhamdulillah. Kalo tambah parah bocornya gak apa-apa wes panggil tukang. Lebih baik mencoba dulu terus gagal daripada tidak mencoba sama sekali. Kalo berhasil, aku kan tambah pinter utak-atik mobil, walau cuma ganti paking tok. Modal buat mengatasi masalah yang lebih berat nantinya.

Masalah yang biasa terjadi pada Silinder head mobilMulailah saya browsing di internet untuk mencari tutorial mengganti paking mesin mobil Suzuki Forsa. TIDAK ADA ! Saya perluas keyword dengan menghilangkan kata Forsa. TIDAK ADA JUGA. Saya kurangi lagi kata Suzuki. JUGA TIDAK ADA. Leh...mosok gak ada yang oli mesinnya rembes dari kop mesin ? Apakah ini masalah kecil, sehingga tidak perlu ditampilkan caranya di internet ?

Saya ganti keywordnya dengan bahasa inggris. Banyak sekali tutorialnya, tetapi yang Suzuki Forsa ato Cultus ato Swift MK1 tidak ada. Hanya ada beberapa website seperti www.teamswift.net yang mengalami masalah yang sama. Tapi bukan Suzuki Forsa. Mungkin karena mobil saya ini sudah ketinggalan zaman yee.

Saya cari di thread kaskus Suzuki Carry juga tidak ada, saya cari di grup Facebook SFCI juga tidak ada. Ya Tuhan...cek angel’e se mau ganti seal kop mesin tok ae.

Saya open thread di grup Facebook SFCI dan menanyakan cara mengganti packing kop mesin dan tipsnya sunpaya tidak bocor lagi.

Sambil menunggu jawaban komunitas Suzuki Forsa, saya buka manual book SA-413 dan menemukan cara mengencangkan mur. Bayangkan...memutar mur ae ada aturannya. Dimulai dari tengah atas, tengah bawah sesuai putaran jarum jam. Untungnya mur kop mesin Suzuki Forsa cuman 4 biji. Jadi dibuat sistem silang saja. Pojok kanan atas lalu pojok kiri bawah. Dilanjutkan dengan pojok kiri atas dan diakhiri pojok kanan bawah.

Aturan kedua ini yang bikin puyeng. Kekencangan mur silinder kop 0,8 kg/m. Bagaimana cara mengukurnya ? Pakai alat apa. Browsing lagi di Internet dan menemukan yang namanya kunci torsi atau kunci momen.

Bentuknya seperti kunci shock dan memiliki pengaturan di tangkainya. Pilih kekuatan sesuai manual book mobil anda dan kencangkan mur-nya. Setelah kekencangannya pas, kunci ini akan nge-plong, tidak bisa diputar lagi. Alat yang keren dan harganya cukup mahal. Yang paling murah 250ribuan, belum termasuk soket-soketnya. Sebenarnya saya kepingin beli juga...hahahahaha. Tapi nanti ae kalo diberi rejeki yang banyak.

Berhubung oli menentes, tidak ada kunci torsi ini maka saya mencoba mencari cara lain mengukur kekencangan mur tanpa menggunakan alat ini. Dan anda benar ! Tidak ada cara lain, harus menggunakan kunci torsi. Satu-satunya literatur online yang saya temukan sebagai pengganti kunci torsi adalah mengencangkan dengan satu jari. Ini bukan solusi yang tepat, jauh dari ideal. Tapi tidak ada cara lainnya. Harus menggunakan perasaan.

Apa yang harus saya lakukan agar tidak terlalu kencang yang akibatnya silinder blok bisa retak atau pecah ? Sebaliknya kalo terlalu longgar menyebabkan oli bocor ?

Kalau silinder kop anda belum pernah dibuka sama sekali maka ambillah spidol dan gariskan pada baut hingga menembus mesin. Itu adalah tanda kekencangannya. Garisnya harus sejajar kembali pada waktu mengencangkan mur-nya. Silahkan lihat tutorialnya di blog ini.

Karena kekencangan baut saya sudah berubah maka cara ini tidak bisa saya gunakan. Jalan keluar saya hanyalah mengandalkan perasaan dan jari telunjuk saja. Berdoa semoga tidak sampai memecahkan rumah blok mesinnya.

Tips mengencangkan baut silinder kop dari Om Fajar, salah satu anggota komunitas SFCI adalah mengencangkan mur secara menyilang, sedikit demi sedikit, ¼ putaran tiap-tiap mur. Ide yang masuk akal. Tidak perlu terlalu kencang, yang penting merata kekencangannya, sambung Om Ilar Gumilar.

Paking kop mesin Suzuki Forsa KW dan IndopartTapi yang pertama kali harus saya lakukan adalah membeli packing-nya. Saya bawa uang 200 ribu dan berangkat ke Kedungdoro, rencananya beli di Toko Sinar Bintang. Ketemu sama om penjualnya dan dilayani pegawainya. Ada packing kop mesin Suzuki Forsa ? Tanya saya.

“Ada om. 20.000 ribu rupiah. “ katanya.

“Hah ? Cek murahnya ? Gak ada yang lebih bagus ? Yang SGP ?” balas saya

“ Gak ada Om, adanya Indo Part, harganya 30.000. “

“ Ya wes, tak ambil dua-duanya.”
“ Buat apa kok beli dua ?”

“ Takut nek bocor lagi. Jadi nek ganti gak perlu riwa-riwi ke sini lagi. “
“ Oh...ya wes. “

Cek murah’e spare part Suzuki Forsa ini.

 

MENGGANTI PAKING KOP MESIN SUZUKI FORSA

Tibalah saatnya mengganti paking kop mesin mobil Suzuki Forsa. Perlengkapan yang saya gunakan kunci ring 10, cutter, rempelas 00 dan kain. Kunci ring untuk membuka mur mesin, cutter untuk membersihkan bekas sealer kemudian dihaluskan tipis-tipis dengan amplas. Terakhir di lap dengan kain.

LANGKAH PERTAMA, membuka filter udara karburator. Putar pengait tengahnya, buka 3 klip filter, lepas selangnya dan tarik filter ke atas. Sekalian bersihkan filternya dengan kuas. Idealnya diganti baru atau disemprot dengan kompressor. Masalahnya saya gak punya dan belum beli filternya. Jadi cukup dikuas saja.

Langkah - langkah mengganti paking mobil Suzuki Forsa

 

KEDUA, buka ke-empat mur mesin. Tidak ada aturan khusus. Yang saya lakukan hanya menata mur sesuai posisinya saja supaya waktu mengembalikan seperti semula. Panjang keempat bautnya sama. Dibolak-balik tidak masalah. Setelah terlepas, angkat tutup mesin.

Membuka baut tutup mesin

 

KETIGA, dilap dulu bagian-bagian yang akan kita bersihkan dari bekas sealer. Termasuk di tutup blok dan silinder blok sendiri. Setelah itu di-cutter pelan-pelan. Kalo sealer yang bentuknya seperti karet itu sudah mengelupas, gosok dengan tangan agar lepas merata. Ambil amplas yang paling halus atau ukuran 00 dan gosok dengan tekanan yang super ringan.

Membersihkan bekas sealer pada kop dan silinder kop dengan silet dan amplas

 

KEEMPAT, pasang paking di tutup mesinnya. Ada bagian yang lubang pada kop mesin. Sekitar 1cm, fungsinya agar paking tidak terbalik. Pada paking ada bagian yang menonjol keluar, itu yang dipaskan di lubang kop mesin.

Di sinilah letak perbedaan paking KW dengan paking Indo part. Waktu anda memasukkan paking ke tempatnya, merk Indo part sangat pas dengan rumahnya. Jadi tidak akan mudah terlepas ketika dibalik. Sedangkan paking tanpa merk yang lebih murah sedikit oblak (tidak mepet dengan tempatnya). Karena itu, paking murah lebih cepat bocor. Jika di tempat anda tidak menjual paking SGP ato Indo Parts, solusinya dengan menambahkan auto sealer.

Perbedaan paking original dengan aspal Suzuki

Ada dua pendapat mengenai sealer ini. Yang pertama tidak perlu menambahkan sealer. Asalkan pemasangannya tepat, kekencangannya pas, pasti tidak bocor. Sedangkan pendapat lainnya perlu ditambahi sealer di bagian tertentu saja. Bagian yang melingkar.

Berdasarkan manual book Suzuki Forsa SA 413, perlu ditambahkan sealer di 4 titik seperti gambar di bawah ini. Untuk pemasangan paking kali ini, saya tidak menggunakan sealer. Cara penambahan sealer mudah, oleskan tipis-tipis dan merata. Tunggu 5-15 menit. Tekstur awalnya seperti mentega, lembek. Setelah dibiarkan beberapa menit akan mengeras seperti karet setengah lembek. Itulah tandanya sealer siap digunakan.

Kalau terlalu lembek, belum jadi karet, akan mblobor ketika dipasang. Kalau terlalu keras, pemasangannya akan mengganjal sehingga miring. Kemiringan inilah yang bisa menyebabkan oli bocor.

Letak penambahan sealer di mesin Suzuki Forsa

 

KELIMA, pasang tutup mesin di silinder blok. Putar baut dengan tangan. Boleh langsung menyilang atau tidak beraturan sampai tangan anda tidak bisa memutar bautnya. Atau kesulitan memutarnya.

Gunakan kunci ring 10 dan kencangkan secara menyilang. Kata kuncinya di sini adalah seimbang atau merata. Jika anda mau memutar ½ putaran. Maka kencangkan secara bergiliran. Jika mau ¼ atau 1 putaran. Putar ke-empat bautnya secara bergantian. Jangan tergesa-gesa, woles ae. Toh paling lama 5 menit.

Tips mengencangkan baut tanpa kunci torsi

Masalahnya di sini adalah sudah cukup kencang atau belum ? Hanya kunci torsi yang bisa menjawab pertanyaan ini. Karena tidak mempunyai kunci momen, maka saya mengandalkan perasaan, logika dan jari telunjuk.

Pada video Youtube, saya menemukan beberapa mobil menggunakan bahan plastik atau fiberglass sebagai tutup mesin. Logikanya, menutup mesin tidak perlu sampe ngoyo. Yang penting rapat. Kalo terlalu kencang, tutup mesinnya bisa retak bukan ?

Ketika paking karet ini terpasang, ada jarak beberapa milimeter antara silinder blok dengan kop mesin. Jadi tugas kita adalah merapatkan sampai kedua bagian tersebut menempel. Pada waktu anda mengencangkan bautnya. Perhatikan celah ini, apakah sudah menempel atau belum. Apakah semuanya menempel secara merata ?

Putar dengan satu jari, apakah terasa ringan atau berat ? Apakah ke-empat bautnya membutuhkan tenaga yang sama ?

 

KEENAM, bersihkan bagian luar silinder blok sampai tidak kelihatan oli sama sekali. Tujuannya agar kita tahu ada kebocoran atau tidak. Karena anda yakin sudah bersih, begitu ada bagian mesin yang basah karena oli, maka itulah tandanya pemasangan packing anda belum sempurna.

Untungnya, setelah saya coba keliling, tidak ada rembesan oli di mesin saya. Dengan kata lain, saya berhasil mengganti paking silinder kop mobil Suzuki Forsa. Semoga tips ini menyelesaikan masalah anda.

Cara mengecek kebocoran oli mesin

Share this content

ARTIKEL TERBARU

ARTIKEL EKONOMI

OTOMOTIF

POLITIK

ARTIKEL LEPAS