Website Wapannuri

PENYEBAB KRISIS EKONOMI 2008

Aku bukan ekonom dan juga bukan pengamat, aku hanyalah seorang yang kecanduan forex, jadi layak atau tidaknya tulisan ini tergantung penilaian anda…

Penyebab Krisis Ekonomi

Apa sebenarnya penyebab krisis ekonomi dunia pada tahun 2008 ini ?

MADE IN AMRIK
Semua orang sudah tahu kalo krisis ekonomi yang melanda dunia saat ini berasal dari Amrik sono. Namun apa sebenarnya yang menyebabkan krisis ini. Apakah karena perang atau karena hal – hal lainnya. Ini yang kebanyakan orang tidak mengerti dengan baik. Sebagian orang yang kelihatannya tahu asal krisis ini mengatakan penyebabnya dari kredit perumahan. Yang lainnya mengatakan dari kredit macet perbankan. Sementara yang lain mengatakan EGP, “emang gue pikirin” krisis ya krisis, yang penting kita kerja, cari makan dan seneng – seneng, he…he…he…

Semua jawaban di atas bener (termasuk yang EGP!) Hanya saja urut – urutannya yang belum teratur. Nah, saya sebagai orang yang kurang kompeten dalam hal ini berusaha untuk menjelaskan kepada anda yang berminat maupun yang kesasar di situs kesayangan saya ini. Jika anda tertarik untuk melihat penjelasan yang lebih kompeten mengenai hal ini silahkan klik di blog favorit saya di EOWI, Love you Pak Imam Semar ! (cup…cup…muah…muah..)

 

KREDIT & UTANG
Hutang itu enak, seperti nikmatnya malam pertama. Dengan hutang, berarti kita mendapatkan uang di depan, uang ini dapat kita gunakan untuk berbagai macam tujuan. Namun karena kita bicara mengenai ekonomi, maka kita menggunakan bahasa ekonomi juga. Kita bisa memilih menggunakan uang (yang bersumber hutang) ini untuk tiga hal, yaitu produksi atau konsumsi atau investasi.

Orang pintar menggunakan hutang untuk konsumsi, sedangkan orang bodoh menggunakan hutang untuk produksi. Yang paling parah, paranormal menggunakan hutang untuk investasi (bukan salah ketik).

Dua atau tiga tahun lalu atau empat tahun lalu, yang pasti beberapa tahun lalu, pemerintah US yang dipimpin oleh Om Bush membuat suatu peraturan yang bertujuan menstimulus ekonomi. Inti peraturannya adalah kemudahan kredit untuk semua orang. Siapa saja anda, asalkan warga negara Amrik, berhak memperoleh kredit dengan syarat yang ringan, bunga yang rendah, dan cepat cair.

Dan memang benar, peraturan baru ini dapat menstimulus ekonomi Amerika. GDP-nya langsung naek drastis, artinya pertumbuhan ekonomi negara Amerika baik. Hore… hore…hebat dong om Bush itu !

Jangan senang dulu…kenaikan GDP itu apa ? (sok tau…)  Kenaikan GDP berarti kenaikan pendapatan per kapita penduduk (kalo gak salah). Pendapatannya naik karena target penjualan mereka terpenuhi. Ini artinya banyak barang – barang yang mereka jual laris bak kacang goreng, malahan banyak yang harus indent. Hmm…berarti produksinya kurang dong, maka dari itu harus ditingkatkan dengan berbagai macam cara. Buka pabrik baru atau kulakan dari luar negeri. Yang penting sekarang memenuhi permintaan dalam negri Amrik.

Lalu, barang – barang apa saja yang laris bak kacang goreng itu ? Semuanya ? Apa aja yang dijual pasti langsung abis di Amrik sono. Mulai rumah, baju, mainan, makanan, BH, CD, daging, katok kolor, HP, Tivi, PDA, komputer, laptop, apa aja pasti laku. Dan dengan kemajuan teknologi saat ini, berita mengenai pasar yang rame segera sampe ke pelosok dunia. Tidak lain dan tidak bukan ini adalah jasa si Internet.

Maka dimulailah pengiriman barang – barang oleh negara – negara yang sudah mendengar kabar baik ini. Korea, Cina, India, Jepang, dan termasuk Indonesia. Loh pak ? Indonesia kirim apa …. ? TKI dong…(bahan baku juga!)

Akhir dari perjalanan awal kita di sini adalah banyak negara di dunia ini tiba – tiba mendapatkan durian runtuh. Dan seperti kebanyakan orang termasuk saya gak berpikir macem-macem….yang penting sekarang jualan dulu....kesempatan untuk jadi wong sugih telah tiba….

 

INVEST RUMAH AJA, PASTI UNTUNG
Saya mengandaikan diri saya sebagai orang Amrik (boleh kan….) Hal pertama yang saya syukuri sebagai orang amrik sono adalah kehidupan bebasnya….free sex…hell yeah!...ha…ha…ha…(semoga istriku gak baca artikel ini ^-^’)

Karena duitku banyak (entah dari mana asalnya), saya jadi bingung untuk buang duit kecil…alaa…beli apa yaa ? buat investasi sekalian tabungan ? Dan karena sering browsing dan chatting di internet saya mendapatkan informasi bahwa beli rumah atau apartemen pasti untung maka saya membeli satu dulu. Kemudian tak kontrak-kan, lumayan hasil kontrakannya buat nyicil. Ini untungnya dobel. Aku punya rumah tapi yang bayar cicilannya orang lain…ha…ha…ha…pinter banget nih aku.

Sebulan setelah itu, kontrakan yang tak iklankan di koran langsung jadi rebutan orang – orang, gila….cepet banget! Nek caranya begini aku bisa muda kaya raya, tua keliling dunia, dan mati masuk surga. Andai saja aku punya satu rumah lagi yang bisa tak kontrakkan, maka aku bisa jadi muda kaya raya dan keliling dunia, tua dikelilingi wanita muda, dan mati masuk surga. Tak coba cari rumah lagi aaah….nek ada langsung tak coba ajukan KPR di Lehman Brother aja, karena kata temen – temen internet prosesnya cepat, mudah, dan jaminannya gampang.

Akhirnya….aku sekarang punya dua rumah….ha…ha..ha…tak kontrakkan lagi aja….Besoknya langsung disikat sama orang…gila bener, padahal cuman tak iklankan di bekas.com

Begitu seterusnya….(cape deh ngetik terus)

 

MASA MANIS TERUS….?
Tiba – tiba terjadilah….BUUUM ! Semua orang di dunia terkejut ? Tidak ada tanda – tanda, tak ada awan dan angin langsung hujan deras. Tak ada peringatan dan tak ada himbauan, dunia langsung kena krisis.

Penyebab krisis dunia

Rupiah dari 9.000 anjlok jadi 12.000. Won jatuh 50%, Rupee jatuh 20%, Rubel rusia jatuh 20%. Pabrik – pabrik di Cina mulai ditutupi, karyawan di Indonesia mulai dirumahkan, saham BUMI anjlog dari 8000an jadi 1000 rupiah, demikian pula di negara-negara lainnya.

Kita orang awam jadi pada bingung semua. Ada apa ini ? Ada apa itu ? Apakah pak presiden di seluruh dunia ini pada tidur semua ? Kok gak tau hal – hal kayak beginian ?

Kalo ahli – ahli ekonomi aja gak bisa meramalkan berarti kita mesti nanya siapa ? Mama Lauren ? Dedy Corbuzier ? Masa mesti pake SMS dan reg mama ? Apa penjelasan dari ahli – ahli ekonomi dunia ? Apa penyebabnya ? Masa kita harus liat di websitenya www.wapannuri.com yang tidak kompeten ini ?

Karena dari mulut mereka semua tidak ada jawaban, akhirnya anda melihat ke website ini kan….ha…ha…ha…Siapa yang akan anda percaya ? Saya atau mereka ?

Hal – hal yang dilupakan oleh orang amrik sono adalah sumber dana mereka ? Dari mana mereka bisa membeli rumah ? Beli HP keluaran terbaru, TV plasma terbaru, LAPTOP terbaru, istri mereka yang baru, dan mungkin pesawat terbang baru ? Dari gaji mereka atau dari kemudahan kredit yang diatur oleh pemerintah untuk menstimulus ekonomi ?

Hal – hal lain yang juga dilupakan oleh produsen di amrik dan di seluruh dunia adalah sumber dana meningkatnya konsumsi orang amrik. Dari hutang dan expansi kredit juga bukan.

Dan yang namanya hutang harus dibayar. Kalo gak bisa bayar sekaligus berarti mesti dicicil….Kalau gak isa di cicil berarti disita. Kalau disita berarti dijual murah (ini peluang bagi orang yang cerdas). Seharusnya banyak orang yang mau beli barang – barang murah kayak beginian. Tetapi mengapa kok tidak laku – laku ? Penyebabnya adalah sebagian besar penduduk amrik sono melakukan hal yang sama, yaitu pada memborong rumah semua dengan kredit. Jadi pada disita semua karena tidak mampu bayar cicilan. Apa gak ada yang ditabung pak duitnya ? Rasanya gak ada, karena kalo memang bener di tabung gak bakalan ada krisis.

 

HIDUP HEMAT!
Yah sudah….yang lalu biarlah berlalu. Kalo dulu kita sempat kaya maka sekarang tinggal kerenya. Kalo dulu orang Amrik masih punya satu rumah dan penghasilan tetap. Maka sekarang orang Amrik gak punya rumah dan penghasilannya dibuat bayar hutang yang tersisa.

Hm….dulu dan sekarang ? Gak salah tah ? Dulu tahun berapa ? Sekarang tahun Berapa ? Karena seingat saya cuman dari tahun 2005an sampe 2008 ini.

Life must go on….begitu kata-kata semua orang amrik. Bayar hutang ya bayar karena itu memang kewajiban, sekarang kita mesti hidup karena kesalahan kita. Kita nyicil sambil menghemat.

 

GAK HEPI ENDING
Kesimpulannya…

  1. Seluruh dunia kaya mendadak karena meningkatnya konsumsi Amerika
  2. Begitu tingginya konsumsi Amerika sehingga muncul banyak produsen baru. (Karena metode orang Amrik sono, “habis pake-rusak-buang”) Lain dengan orang Indo, “habis pake-rusak-diperbaiki-rusak-diperbaiki-rusak-dirombeng”
  3. Meningkatnya konsumsi Amerika didorong oleh kredit dan hutang.
  4. Waktu jatuh tempo, gagal bayar semua, banyak barang sitaan (Butuh duit cash bukan barang book! Jangan salahkan kalo dolllar naik di seluruh dunia.)
  5. Orang Amrik sadar akan arti penting hidup hemat, mereka mulai ngirit !
  6. Loh….terus produksiku, barang-barangku dibuang ke mana ?
  7. Banyak orang dirumah-kan, jadi strees, kelaparan, dan akhirnya gampang marah. (Jangan heran kalo mulai santer bunyi genderang perang)

Lalu bagaimana dengan Indonesia ? Bagaimana nasib kita ? Ikut Sunset Policy aja ! Atau kita ikut saran pak Wapres. Fundamental ekonomi Indonesia kuat, krisis Amerika tidak akan berpengaruh besar, paling – paling kecil aja….Pilihan terakhir kita, ikut sarang pak Presiden, supaya parpol – parpol banyak bikin kaos untuk pemilu 2009…

ILMU POLITIK : Bread and Circus
Semua politikus pasti menggunakan jurus ini untuk mendapatkan kekuasaan

Share this content

ARTIKEL TERBARU

ARTIKEL EKONOMI

POLITIK

ARTIKEL LEPAS