Website Wapannuri

DUNIA BISNIS AKAN BERUBAH ! SIAPKAH KITA ?

Ngomong-ngomong masalah perubahan, semua orant tahu bahwa segala sesuatu pasti berubah. Trend, fashion, lifestyle, dan diri kita pun berubah menjadi lebih tua. Perubahan adalah hukum alam. Konstan dan nyata. Satu-satunya yang tidak berubah adalah perubahan itu sendiri. Saya memiliki keyakinan yang pasti bahwa 10 - 15 tahun mendatang dunia bisnis kita akan berubah secara drastis. Mari kita lihat dasar dan asumsi pemikiran saya. Yang perlu anda ketahui adalah saya bukan Tuhan ataupun dewa, dengan kata lain, saya bisa saja salah. Namun saya yakin tidak ada salahnya melakukan persiapan. Toh lebih baik sedia payung sebelum hujan, kalo tidak hujan toh tidak apa-apa. Tapi bagaimana kalo benar-benar hujan ? Jelas yang bawa payung tidak akan kehujanan !

Perubahan dunia bisnis

 

ALASAN DAN PENYEBAB PERUBAHAN DUNIA BISNIS DI MASA DEPAN
Yang jelas-jelas memacu perubahan dunia kita saat ini adalah teknologi. Bukan karena kemajuan teknologi, tetapi karena harga teknologi yang murah sehingga bisa digunakan oleh kelas menengah yang jumlahnya mencapai 50 persen populasi kita.

Teknologi sangat membantu manusia. Contoh sederhananya adalah komputer. Alat canggih ini sebenarnya membantu otak kiri manusia. Otak kiri tugasnya meneliti, menghitung, dan menganalisa. Dengan komputer, pekerjaan hitung-menghitung ini bisa dikerjakan dengan cepat dan efisien. Hampir tidak ada sesuatu yang rumit yang tidak bisa dikerjakan oleh komputer ini. Harga komputer saat ini sangat murah sekali. Dengan merogoh uang sebesar 4 juta rupiah, kita bisa membawa laptop di punggung kita. Kalo cuman punya dana 2 juta saja, maka kita bisa membeli netbook ! Nek mau lebih murah lagi, bisa beli yang bekas.  Harganya gak sampai 1,5 juta ! Harga notebook sudah demikian murah, apalagi harga PC, ancur-ancuran ding ! Kita harus berterima kasih kepada Cina yang bisa mewujudkan hal ini !

Dengan menambahkan modem pada laptop atau PC, maka kita segera memiliki sumber informasi yang tak terbatas. Tak terbatas oleh ruang, waktu, dan sensor. Mau beli baju ? Ada, tinggal pilih model yang anda suka, warna kesukaan anda, dan bayar secara online dengan internet banking. Dalam waktu 3x24 jam, produk pesanan anda sampai di rumah dengan jasa pengiriman barang kilat. Mau mencoba kulakan barang di luar negri lalu dijual secara lokal ? Bisa, buka aja alibaba.com lalu pilih produk yang anda inginkan. Bayar dengan jasa pihak ketiga dan tunggu 1-3 bulan untuk pengiriman barang anda.

Instan ! Inilah dunia internet ! Mau coba kaya mendadak atau kere mendadak ? Silahkan buka account trading online ! Anda bisa bertransaksi saham, dollar, atau emas yang lagi booming. Tinggal klik Buy dan tunggu hingga harga saham anda naik lalu Close order anda. Berapa pips yang bisa anda peroleh ? Kalo hoki bisa 100 pips. Kalo main 2 lot saja maka keuntungan anda 200 pips. Artinya 200 dollar masuk ke kantung anda ! Waktunya, gak perlu lama-lama, paling cuman 2 jam saja. Kalo dapat TIK-TOK maka anda bisa mendapatkan 400 pips !
ITu kalo asumsi yang kita gunakan adalah kata MENANG ! Jangan lupa dengan kata KALAH juga, artinya kita bisa saja kehilangan 200 dollar dalam hitungan jam. Dan akan menjadi 400 dollar bila kita kena TIK-TOK ! Makanya saya menyebutnya kaya atau kere mendadak !

Teknologi, secanggih apapun, jika tidak mampu digunakan secara luas tidak akan merubah apapun secara menyeluruh. Namun, masa yang kita hadapi saat ini berbeda. Kecanggihan teknologi sudah bisa diraih dan digunakan oleh kelas menengah yang jumlahnya mencapai 50 persen angkatan kerja. Artinya dunia kita akan segera berubah.

Asumsi dan penyebab perubahan dunia bisnis kedua saya adalah pendidikan. Generasi saya adalah generasi peralihan dari dunia gaptek ke dunia meltek (melek teknologi). Coba anda ingat-ingat kembali, kapan anda mulai memegang komputer ? Kalo saya sih waktu kelas 2 SMP. Saya yakin sebagian besar angkatan saya juga baur memegang komputer pada waktu sekolah menengah pertama. Mengenal komputer pada usia segitu termasuk terlambat loh, karena kita sudah mengenal yang namanya cinta monyet hehehehe..... Enakan pacaran ama orang daripada ama komputer yang cuman bisa dibuat main SamKok, Digdug, dan Civilization ! Saya rasa itulah penyebab mengapa sebagian besar teman-teman saya tidak menguasai komputer ini. Memang gitu zamannya !

Yang lebih parah lagi adalah generasi di atas kita alias bokap dan nyokap kita. Mereka gak pernah megang komputer, mo nyalakan dan matikan saja gak tau caranya...wakakakakak... Lebih sulit lagi kalo mereka minta diajari komputer ! Matek koen ! Lebih baik kasih mereka sekertaris muda yang mahir mengoperasikan komputer saja, biar dia yang muntah darah ! Hi...hi...hi...!

Nah, zaman sekarang sudah beda jauh. Anak-anak TK udah diajari komputer. Umur mereka baru 4-5 tahun alias balita rek ! Iso tah ? Ternyata, jauh lebih gampang mengajari keponakan saya daripada mengajari orangtua saya ha...ha...ha.... Sementara ortu saya baru sampai tahap menyalakan dan shutdown komputer, keponakan saya sudah sampai kopas file antar network melalui LAN dan WIFI ! Umurnya baru 5 tahun, sedangkan umur ortu saya. 50 tahun !

Anak-anak sekarang sudah dipersiapkan untuk menghadapi perubahan zaman yang akan berlangsung secara revolusioner. Revolusioner artinya berlangsung secara cepat dan drastis ! Jika kita tidak melakukan persiapan untuk perubahan mendadak ini, maka kita akan ketinggalan, terlindas, bahkan terlupakan oleh para konsumen masa depan ini !

Pendidikan mereka bertujuan untuk dapat menyerap dan menaplikasikan teknologi yang lebih canggih dan lebih murah. Malahan, siapa tahu dengan dewasanya mereka akan membuat teknologi baru yang lebih segala-galanya ! Jangan berpikir bahwa anda sudah siap dengan segala perubahan mendatang ! Jangan sampai anda menjadi seperti orangtua anda yang butuh waktu berminggu-minggu untuk belajar menyalakan dan mematikan komputer !

Pendidikan adalah penyebab perubahan

 

BENTUK PERUBAHAN BISNIS
Ketika anak-anak kita memasuki usia produktif alias memasuki masa bekerja, saat itulah perubahan dunia bisnis terjadi. Kalau bisa disamakan, maka saya akan menyamakan masa itu dengan masa baby boomer pada tahun 1950-an di Amerika. Generasi baby boomer lahir tepat setelah revolusi produksi. Perekonomian US pada saat itu berkembang sedemikian luar biasa cepat akibat dterapkannya teknologi massal. Dengan memproduksi secara kuantiti, harga barang bisa ditekan sedemikian murahnya sehingga semua orang bisa membeli barang tersebut. Hasil akhirnya adalah kemakmuran meningkat sehingga gaya hidup menjadi berubah. Anak-anak yang dilahirkan pada saat itu memiliki orangtua yang kaya, tidak mengenal kesusahan, dan tidak mengalami perang. Segalanya telah aman dan nyaman.

Kondisi kita nantinya akan seperti itu, bedanya, bukan pada revolusi teknologi produksi, tapi pada teknologi informasi. Semua yang kita butuhkan bisa dibuat secara masal dan harga murah. Saking banyaknya sehingga peluang untuk over produksi akan besar. Ketika terlalu banyak produk di pasaran, maka konsumen dihadapkan pada kebingungan. Bingung karena semua kecap mengklaim dirinya nomer satu !  Produk yang paling mudah dicari akan menjadi produk nomer satu, sekalipun bukan kualitas nomer satu. Inilah salah satu alasan mengapa produsen  mau dan terpaksa membayar mahal iklan premium di televisi. Mereka ingin produknya melekat dalam benak masyarakat.

Perubahan cara kita berbisnis tidak akan berubah sampai kita menyerahkan tongkat estafet perusahaan kita ke tangan mereka. Perubahan cara dunia berbisnis akan berubah drastis ketika mereka memasuki angkatan kerja ! Sebagian besar cara kita bekerja, melakukan penjualan, dan mempertahankan pelanggan mungkin tidak bisa digunakan lagi ! Bukan salah kita, tetapi memang begitulah seharusnya ! Perubahan adalah satu-satunya hal yang abadi !

Beberapa bulan ini saya sering bangun pagi dan jalan-jalan ke pasar tradisional. Mata saya jelalatan melihat kesana-kemari. Ternyata di pasar tidak banyak amoy-amoy, nonik-nonik, atau gadis-gadis muda yang berbelanja. Yang ada hanya tante-tante, ibu-ibu; dan tacik-tacik yang pake daster dan membawa keranjang belanjaan. Isinya sayur segar, daging, ayam, pisang, dan buah-buahan lainnya. Lantas di mana nonik,amoy, dan mbak-mbak ini berbelanja kebutuhan sehari-harinya ?

Jawabannya ada dua. Pertama, mereka tidak berbelanja sama-sekali. Kedua, mereka berbelanja di pasar modern. Sebagian belanja di Carrefour dan sisanya di alfamart atau indomart. Yang tidak berbelanja sama sekali bukannya tidak makan, mereka menyuruh pembantunya untuk belanja, memasak, ngemong anak, dan membersihkan rumah !

Belanja di pasar modern memang nyaman. Tempatnya full AC, bersih, penjualnya ramah-ramah, bisa pilih sendiri, dan banyak "PEMANDANGAN" indah ha...ha..ha... Yah,  kata "NYAMAN" inilah yang paling sakti untuk saat ini dan mendatang. Perusahaan yang bisa membuat pelanggannya merasa nyaman akan berkembang dengan luar biasa. Namun untuk bisa membuat konsumen nyaman tidak semudah mengatakannya. Ada banyak faktor, paling tidak salah satunya adalah membuat karyawan kita nyaman terlebih dulu !

Jika pasar tradisional tidak menarik bagi kita, generasi peralihan, maka pertanyaannya adalah mengapa pasar tradisional masi bisa hidup hingga saat ini ? Yang pasti, keadaan pasar tradisional saat ini adalah mati segan hidup pun enggan. Pasar tradisional bisa tetap eksis karena kedua orangtua kita masih hidup dan masih mampu berjalan. Apa yang akan terjadi terhadap pasar tradisional ketika generasi orangtua kita sudah tidak ada lagi ? Waduh, susah menjawabnya, tapi kalo menurut saya, selamat tinggal, daaah !

Bagi orang Surabaya, pangsit mie tidar sudah melegenda dari zaman ke zaman ! Pangsit mie ini terletak di perempatan jalan Tidar dan Blauran. Mereka buka mulai pukul 18.00 hingga pukul 03.00 dini hari. Menariknya, seiring dengan perkembangan, perempatan tidar ini menjadi semacam pujasera jalananan. Di sana juga menjual ayam goreng, soto ayam, stmj, dan es campur. Semakin malam semakin marak dan ramai, sering jadi biang kemacetan. Waktu kecil saya sering diajak papa saya makan di sana, kadang makan mie, tapi lebih sering makan telor setengah matang dan STMJ !

Saat ini, kejayaan mie tidar telah pudar ! Pelan tapi pasti perempatan tidar mulai ditinggalkan oleh penjual-penjualnya. Kok bisa ? Yah jelas dong, lebih nyaman nongkrong di LOOP, Pakuwon City, atau di G-Walk ! Tempatnya lebih bagus, bersih, dan banyak PEMANDANGAN indahnya....oh YEAH! Lagian, harganya juga beda dikit, mendingan makan di tempat yang lebih nyaman dong !

G-Walk-SurabayaSebagai informasi, G-Walk dulunya adalah tempat yang sangat  ramai dan menjadi pusat cangkrukan pada masa muda saya. Saat ini, 10 tahun semenjak kejayaan G-Walk, pusat cangkrukan nomer satu  di Surabaya adalah LOOP dan posisi kedua direbut oleh Pakuwon City. Bagaimana dengan G-Walk ? Yang pasti sudah pelan-pelan ditinggalkan oleh para penjualnya. Mengapa ? G-Walk memang nyaman, tapi kalah nyaman jika dibandingkan dengan LOOP, lagipula suasananya lebih romantis di LOOP.  soal harga ? Gak beda jauh ! Pakuwon City menawarkan sesuatu yang lain. Di sana ada arena bermain untuk anak-anak, berarti segmen pasarnya jelas, yaitu keluarga muda seperti saya ini. Kalo makan bersama keluarga, saya lebih memilih Pakuwon City. Kalo mau makan berdua sama istri ataupun sekedar nongkrong bersama teman, saya lebih memilih LOOP. G-Walk ? Malas aaah ! Kurang nyaman !

 

STRATEGI MENGHADAPI PERUBAHAN DUNIA BISNIS
Yang pertama dan terutama adalah mengubah paradigma anda tentang manusia. Manusia tetaplah manusia, sementara jabatan hanyalah simbol atau jenis pekerjaan yang kita berikan kepadanya. Manusia terbatas oleh ruang dan waktu, manusia memiliki kebutuhan, dan manusia memiliki keinginan. Yang sebenarnya anda hadapi adalah manusia, bukan karyawan, pegawai, atasan ataupun bawahan. Mereka hanyalah manusia yang kita kotak-kotakan kedalam suatu pekerjaan untuk memudahkan pengaturan dan pelaksanaannya. Ubah paradigma anda tentang manusia dan perlakukanlah mereka sebagaimana anda ingin diperlakukan !

Langkah berikutnya adalah merubah sistem anda dengan sistem komputer atau program operasional perusahaan. Setelah program selesai dibuat, berjuanglah untuk menerapkan sistem ini. Suatu program, secanggih apapun, tetap tidak akan berguna jika tidak diterapkan. Jangan kuatir dengan kemampuan anda yang pas-pasan karena program adalah sebuah kebiasaan. Makin sering dipakai, makin cepat pula anda menguasainya. Peganglah prinsip bahwa sesuatu yang mudah saat ini, dulunya adalah sesuatu yang susah ! Saya kenal orang yang sudah membuat program tapi kembali ke cara tradisional karena tidak terbiasa dan tidak cepat dalam prosesnya. Ini separuh betul.

Sistem Komputer untuk bisnisPada prakteknya, semua pekerjaan pasti memakan waktu dan merepotkan. Perbedaannya adalah kapan repotnya. Ambil contoh sistem tradisional yang biasa kita lakukan. Kita buat nota dengan menulis tangan, barang yand dibeli kita catat di nota tersebut, kita total jumlahnya. Mereka yang ngutang, notanya kita bedakan dengan orang yang membayar tunai. Orang yang bayarnya transfer ataupun langsung melalui internet banking kita sendirikan juga nota pembeliannya. Sore harinya, pegawai kita menyetorkan semua nota dan uangnya ke kita. Kita pilah-pilah lagi nota tersebut dan mencatat agenda untuk menagih mereka yang ngutang. Setiap hari, inilah yang kita lakukan.

Sebulan kemudian, nota-nota tersebut kita periksa lagi, siapa tahu ada yang kelewatan belum ditagih. Bagi mereka yang rajin akan mengumpulkan dan menjumlah semua penjualan dan pembeliannya untuk mengetahui jumlah keuntungan yang didapat selama satu bulan ini. Namanya juga usaha sendiri, rasa ingin tahu dan menguji seberapa berhasilnya perusahaan kita pasti sangat besar. Kalau ternyata hanya untung sedikit, kita mulai memacu diri kita untuk bekerja lebih keras supaya bulan depan untungnya dua kali lipat, kalo bisa sih sepuluh kali lipat.

Yang tidak kita sadari di sini adalah waktu yang kita gunakan. Anggap saja bulan depan untung anda meningkat menjadi dua kali lipat ! Artinya pekerjaan anda untuk mengumpulkan dan menjumlah nota-nota tadi juga bertambah dua kali lipat ! Kalau ternyata bulan depannya lagi melonjak menjadi 10 kali lipat, maka saya yakin anda akan meninggalakan semua nota tersebut. karena pekerjaan ini membosankan dan tidak menghasilkan duit ! Satu hal yang pasti, semua pekerjaan yang kita seriusi, pasti akan berkembang ! Entah itu dalam waktu setahun, lima tahun atau sepuluh tahun.

Poin yang ingin saya sampaikan di sini adalah sistem tradisional repotnya di belakang ! Kebalikannya sistem komputer repotnya di depan, enaknya belakangan !

Ketika kita ingin mengetahui siapa saja pelanggan besar kita, maka kita tinggal klik penjualan dan dalam waktu beberapa detik. langsung muncul di layar monitor. Atau kita ingin tahu siapa saja yang utangnya jatuh tempo hari ini, klik bagian hutang-piutang. Dengan sistem komputer, data apa saja yang kita inginkan bisa kita dapatkan dalam hitungan detik ! Data-data inilah yang akan menjadi senjata rahasia kita ! Anda akan menemukan pola dan informasi yang tidak pernah anda duga. Jangan meremehkan pembeli kecil tapi rutin karena mereka adalah orang yang serius dan loyal ! Atau berhati-hatilah dengan mereka yang membeli dalam jumlah besar karena biasanya mereka cenderung tidak konsisten dan sering merusak harga pasaran.

Keuntungan lainnya sistem komputer ini adalah sistem yang stabil dan memutuhkan SDM yang rata-rata. Anda tidak perlu kuatir dengan kehilangan pegawai lama anda karena pada prinsipnya mereka adalah operator saja. Posisi mereka bisa digantikan siapa saja, kapan saja dan tentunya dengan kompensasi yang lebih murah. Sistem komputer tegas dan tidak gampang dirubah. Ketika sistem ini sudah menjadi budaya perusahaan, maka stabilitas perusahaan lebih terjamin. Dan kalau saya lanjutkan topik ini, bisa melebar kesana kemari.... hahahaha...Yang pasti, milikilah keyakinan terhadap kemampuan komputer dan terapkan di perusahaan anda !

Membuat Website Company ProfileTerakhir, persiapkan perusahaan anda supaya bisa dicari dengan mudah. Bahasa manajemennya adalah pemasaran, advertising, atau iklan. Memang biaya iklan itu mahal, namun hasilnya sepadan. Jika anda terbatas dengan dana, maka setidak-tidaknya buatlah sebuah website company profile. Cukup dengan beberapa gambar, alamat, informasi produk yang anda jual dan nomoer telepon.

Jangan kuatir dengan biayanya karena membuat website itu murah meriah. Paling mahal 8 juta, sementara yang paling murah hanya 500 ribu. Masih kemahalan, buat saja akun di facebook yang 100 persen gratis. Kalau ada yang gak bayar kenapa harus keluar uang ? Tentunya anda akan berpikir demikian ! Sayangnya, pemikiran anda sedikit salah.

Cobalah untuk berpikir terbuka. Di luar sana, banyak orang kaya yang memiliki modal lebih dari cukup untuk membabat habis eksistensi perusahaan anda. Orang yang punya duit banyak, dan mereka kebingungan untuk membuang uangnya. Kalau saja mereka menemukan peluang usaha yang menguntungkan, maka mereka akan masuk dengan kekuatan penuh. Biasanya orang yang punya duit tidak akan menginvestasikan uangnya untuk suatu bidang dimana mereka tidak bisa  memenangkan persaingan. Ketika mereka memutuskan untuk masuk, kemungkinannya untuk berhasil diatas 50 persen ! Jika bidang yang mereka masuki adalah bidang usaha anda, maka cepat atau lambat anda akan tersingkir dari persaingan. Ditambah lagi investasi untuk membuat website termasuk murah bagi mereka yang modalnya tak terbatas.

Tujuan utama sebuah website adalah memberitahu dunia di luar anda bahwa anda eksis ! Bahwa ada orang yang menjual produk yang mereka cari ! Apalagi jika anda bisa memberikan harga yang lebih murah dari pesaing anda, wih...tak dapat saya bayangkan dampaknya bagi penjualan anda !

Lalu, kenapa anda harus segera membuat website company profile perusahaan anda secepatnya ? Karena masalah SEO (Search Engine Optimization) saja. Ketika kita hendak mencari informasi mengenai suatu hal, kita selalu mengawalinya dengan mesin pencari (search engine) semacam google, yahoo, atau bing ! Sebuah website yang umurnya 10 tahun lebih memiliki peluang untuk muncul di bagian pertama pencarian dibandingkan dengan website yang umurnya baru 1 tahun. Website adalah rencana bisnis anda mendatang. Website yang baik berkembang bersamaan dengan perusahaan anda.

Website bukan Set It and Forget It ! Tapi website selalu berubah seiring dengan perusahaan anda, karena itu adalah bisnis anda di dunia maya. Hubungan yang benar dengan website designer adalah hubungan seumur hidup perusahaan anda ! Pertimbangkan hal ini ketika memutuskan untuk mulai membuat website !

 

KESIMPULAN
Jadi, langkah pertam yang harus anda lakukan adalah mengorganisasi ulang perusahaan anda supaya di kemudian hari tidak kelabakan dengan pertumbuhannya. Jangan sampai terjadi seperti ini: semakin besar pertumbuhan perusahaan anda, semakin banyak pula waktu yang anda habiskan untuk mengurusinya.

Langkah berikutnya adalah menangkap peluang usaha mendatang melalui internet dengan membuat website company profile ! Ketika anda memutuskan untuk mewariskan usaha anda kepada anak -anak anda, maka sebuah webiste adalah keharusan. Karena itulah dunia mereka nantinya !

Perubahan dunia bisnis pasti terjadi, entah kejadiannya berlangsung cepat atau lambat tidak ada orang yang bisa meramalkan dengan tepat. Pertanyaan yang seharusnya anda tanyakan kepada diri anda adalah sudah siapkah saya menghadapi perubahan ini ? Jangan bertanya kapan ? Juga jangan menyangkal dengan mengatakan perubahan tidak akan pernah terjadi ! Saya dan bisnis saya aman !

INDUSTRI RUMAH TANGGA ! Efek perubahan dunia bisnis.
Mengapa tidak mencoba memulai usaha di rumah anda ? Ini alasan-alasannya !

Share this content

ARTIKEL TERBARU

ARTIKEL EKONOMI

OTOMOTIF

POLITIK

ARTIKEL LEPAS