Website Wapannuri

MENGENAL INVESTASI EMAS ONLINE, GADAI EMAS & SYARIAH EMAS

Akhir - akhir ini, tawaran investasi emas makin gencar. Mulai dari Investasi emas secara online, jual beli koin emas, investasi emas batangan, gadai emas, dan emas syariah. Saya mengatakan gencar karena marketingnya nembak siapa saja yang bisa ditembak. Salah satunya adalah istri saya. Bagi saya, ini sudah masuk kedalam area ngawur dot com. Saya yakin 80% broker emas itu sebenarnya tidak mengerti produk investasi yang dijualnya. Pokok'e bisa untung 100% dalam hitungan hari atau jam. Too Good Too Be True ! Dan memang benar, investasi emas ini bisa untung 100 %, malahan bisa sampe 200%. Dua orang teman saya sudah membuktikannya ! Sayangnya gak Happy Ending.
Jadi, sebelum anda memutuskan untuk trading emas, apapun bentuknya, baca tips di bawah ini dulu.

Investasi Emas Online

 

MENGENAL INVESTASI EMAS ONLINE

Sebenarnya, investasi emas dapat kita bagi menjadi dua bentuk saja. Yaitu investasi nyata dan investasi maya. Investasi nyata adalah bentuk investasi yang sudah dilakukan oleh orangtua kita. Mereka beli emas di toko emas dan disimpan sampe benar-benar kepepet baru dijual. Sebaliknya kalo dapat hoki, papa dan mama beli emas lagi. Bentuknya berupa perhiasan atau emas batangan. Harga emas perhiasan lebih mahal daripada emas batangan karena faktor ongkos. Misalnya 10gr emas batangan harganya 5.000.000. Sedangkan kalo berupa perhiasan harganya pasti di atas 5 juta rupiah. Tergantung dari tukang emasnya. Jasa itu relatif, tidak bisa diukur. Ada yang mengenakan ongkos 50.000. pergram. Dan ada juga yang 500.000/gr.

Ketika dijual, harga emas perhiasan lebih murah dari emas batangan. Apalagi kalo dijual di toko lain (bukan toko tempat kita membelinya), drop sekali harganya. Sebab yang dihitung itu berat emasnya saja, ongkosnya tidak. Padahal waktu beli kan pake ongkos....he...he...he....Yah, soalnya investasi emas perhiasan anda akan dilebur dan dibentuk kembali karena modelnya sudah ketinggalan, bukan karena tokonya mau ambil tjwan akeh. Saya bisa tau karena punya teman tukang emas. Karena saya laki-laki, maka saya lebih suka membeli emas batangan. Berbeda dengan wanita yang kadang lebih suka membeli emas perhiasan karena bisa dipake mejeng ! Lagipula, yang namanya investasi itu kan prinsipnya resiko sekecil-kecilnya, keuntungan sebesar-besarnya.

Emas Batangan AntamInvestasi emas online hampir sama dengan membeli emas secara fisik. Bedanya kalo investasi maya anda tidak benar-benar memiliki emas tersebut, apapun bentuknya (nanti anda akan mengerti maksud saya waktu membahas tentang gadai emas.) Karena sifatnya yang kasat mata, saya yakin kebanyakan orang akan kebingungan dengan konsep trading emas. Bagaimana mungkin bisa membeli 1 kilogram emas dengan harga 300 gram saja ? Bagaimana mungkin bisa untung 100% hanya dengan modal 10 - 30% saja ? Bagaimana mungkin hanya dalam waktu seminggu saja bisa untung 100 juta dengan modal 50 juta ? Bagaimana mungkin saya bisa beli emas batangan, yang benar - benar saya lihat, pegang, dan ketemu langsung penjualnya melalui sistem gadai emas ?

Jawabannya hanya satu, apa yang anda kenal di dunia nyata tidak berlaku di dunia maya. Logika berpikir dunia nyata tidak sama dengan logika berpikir dunia maya. Investasi emas secara fisik berbeda dengan investasi emas secara online. Jangan menggunakan cara berpikir dunia nyata anda untuk mengevaluasi cara berinvestasi emas online. Gak bakalan ketemu, gak bakalan masuk akal, dan gak bisa dilogika sama sekali. Percuma anda mencoba berpikir untuk memasukkan trading emas kedalam konsep anda ! Sekalipun alasan ataupun penjelasan yang diberikan broker emas bisa di nalar,  saya yakin anda akan tetap ragu. Mana mungkin bisa, mana ada cara cari uang semudah, secepat, dan sesederhana ini ? Tapi, percaya atau tidak, trading emas ini benar-benar nyata !

Saya coba jelaskan sedikit mengenai investasi emas online ini. Sebenarnya yang diperdagangkan adalah kontrak jual beli emas antara perusahaan satu dengan perusahaan lainnya. Gampangannya ya, surat perjanjian atau MoU. Bentuknya ya seperti surat kontrak kerja yang anda buat sehari-hari di kantor. Mereka yang bekerja di perusahaan besar, khususnya pabrik, akan mudah mengerti konsep kontrak kerja ini. Setiap pesanan dalam jumlah besar pasti akan ada surat perjanjian. Isinya produk yang dipesan, jumlahnya, proses produksinya, tanggal pengirimannya, nilai kontraknya, tanggal pembayarannya,  tanggal pelunasannya, dan aturan-aturan lainnya yang berhubungan dengan sanksi dan perselisihan.

Demikian pula dengan jual - beli emas antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, antara satu negara dengan negara lain. Misalnya saja Antam bikin kontrak jual beli emas dengan bos Wapan. Pesannya 3 ton emas dengan harga mengikat $1.600/tray ounce. Barang akan dikirimkan 6 bulan dari tanggal surat perjanjian jual beli. Uangnya bos Wapan dititipkan di pihak ketiga dengan sistem L/C. Pihak ketiga akan me-release uang jika bos Wapan wes bilang "Sip...sip....sip...bereskan!" Berarti 3 ton emas telah diterima dalam keadaan sehat dan sempurna ! Nah, trading emas secara online sebenarnya adalah menjual belikan surat kontrak bos Wapan dengan Antam. Sampe disini saya sudah tidak mengerti lagi bagaimana surat kontrak saya bisa diperjual belikan. Kok bisa ? Yaaa itulah logika dunia maya yang tidak bisa dicerna dengan cara berpikir dunia nyata. Wes! Pokok'e ngerti titik tentang sistem investasi emas online.... sing gak dimengerti gak usah dipikir, pokok'e bisa mengerti cara trading emas. Buy atau Sell, Limit Buy atau Limit Sell, Stop Loss dan Cut Loss.

Gadai EmasSaya pikir, munculnya gadai emas dan emas syariah karena konsep investasi emas online yang sulit di-nalar oleh kebanyakan orang. Loh, aku iki nyetor duit 100 juta lebih, kok dapetnya program komputer tok ? Isine cuman biting-biting warna ijo dan merah tok ! Nek biting'e ijo berarti harga emas naik, nek biting'e warna merah berarti aku rugi ? Jarene Investasi emas ? Ndek mana emasnya ? Kok cuman dapet angka dollar yang tiap detik naik turun ? Iki penipuan investasi emas berarti ! By The Way, password dan username yang dikasih om broker tadi wes lupa tak taruh di mana ? Waaa.... investasi kok mbingungi ! Pusiing !

Cara investasi melalui gadai emas jauh lebih mudah dimengerti oleh orang awam karena mereka benar - benar melihat, menyentuh, dan bertatap muka dengan penjual emasnya. Misalkan anda pergi ke suatu lembaga keuangan yang memiliki produk gadai emas atau emas syariah dan bilang mau ikut program investasi ini maka anda akan diproses lebih lanjut. Mau beli berapa gram dan mau digadaikan selama berapa bulan.

Anda hanya perlu membayar kurang lebih 30% dari harga emas tersebut. Sedangkan yang 70% dibayar oleh lembaga keuangan atau bank. Enak lak an pak ? Ya enak, tapi anda cuman bisa mengelus-elus emas anda saat itu juga karena emas batangan itu akan disimpan di lemari besi bank sebagai jaminannya. Kok enak mikir iso bawa pulang emasnya ! Wong, ballpoint ae ditaleni, boro-boro ngasih kamu emas dengan hanya membayar sebesar 30% tok ! Ojok mimpi rek !

Berikutnya, harga emas yang kamu beli hari ini tidak menggunakan harga emas pada umumnya. Harga emas sistem gadai berbeda dengan harga emas batangan pasaran. Kadang lebih tinggi tapi lebih sering lebih rendah dari harga emas pada umumnya. Mbok pikir lembaga keuangan itu bandar utang tah ? Mereka itu hidup dari itung - itungan yang njlimet bin mbulet. Jadi gak mungkin kalo sampe bank mau rugi ! Gak percaya ?

Anda akan kaget dengan yang namanya biaya penitipan ! Karena anda sudah dipinjami uang sebesar 70% dari nilai kontrak dengan jaminan emas yang anda beli, maka sudah sewajarnya jika anda dikenakan biaya penitipan dan perawatan untuk emas jaminan anda dong ! Kan mesti tiap hari dicek petugas , masih ada atau wes ilang ? Kotor atau wes dibersihkan ? Ijek ngilap atau wes kusam ? Memang pegawai bank gak gajian ? Emang brankas gak beli ? Emang nek malem gak dijaga satpam ? Karena itu biaya penitipan adalah hal yang masuk akal bukan ? Seingat saya, kalo salah ya maafkan, persentasenya1-2% (perbulan)  dari nilai 30% yang anda bayarkan tadi.

Nah, sekarang anda sudah memiliki emas 1 kilo dengan hanya membayar 30% saja. Emasnya ada nggak ? Jelas ada, tapi masih di sekolahkan di bank. Gimana ? Mana yang lebih mudah dimengerti ? Investasi emas online atau investasi gadai emas atau investasi emas syariah ini ?

Kalau menurut saya, investasi model gadai emas ini tidak jauh beda dengan investasi emas online. Hanya saja sistem gadai emas lebih mudah diterima oleh cara berpikir kita. Mana yang terbaik bagi anda belum tentu pas buat saya. Masing - masing cara investasi emas memiliki kelebihan dan kekurangannya. Kalo anda tanya ke saya, maka bentuk investasi emas yang akan saya pilih adalah investasi emas batangan dan investasi emas online.

Trading Emas

 

CARA INVESTASI EMAS ONLINE

Investasi emas online sebenarnya sangat mudah dilakukan. Cukup bermodalkan komputer dan internet maka anda sudah bisa trading emas dimana saja dan kapan pun anda mau. Anda bisa beli emas waktu makan siang dan close waktu mau pulang. Bahkan buy waktu masuk toilet dan close setelah keluar pun bisa.... karena anda memiliki smartphone yang sudah canggih. Pokok'e ada internet dan gadget (ipad, android, blackberry) anda sudah bisa trading emas. Tapi trading paling enak itu tetap menggunakan komputer yang layarnya minimal 17". 

Anda hanya perlu menginstall softwarenya saja. Dan simsalabim, investasi emas online sudah di depan mata anda dalam hitungan menit. Pertanyaannya adalah dimana mencari softwarenya ? Gampang sekali, tinggal seach di Google dan anda akan menemukan banyak pilihan brokernya, ada Instaforex, ada marketiva, ada Millenium, ada Interbank, ada forexfx, dan saya jamin anda tinggal milih saja. Hampir semua broker online tadi menggunakan software yang sama. Bedanya hanya pada cara membeli chip untuk trading emas sungguhan. Selama anda belum menyetor uang maka transaksi beli dan jual anda hanya sebatas demo account saja.

Software yang banyak digunakan oleh para trader adalah metatrader dan marketiva. Kalo saya sih pake dua-duanya. Real tradingnya menggunakan marketiva sedangkan analisanya pake metatrader. Kok gak pake salah satu aja pak ? Mengapa harus pake dua macem ? Yah....suka-suka saya dong, lagian itu ajaran dari guru saya ! Kelebihan platform metatrader ada di plugin analisa teknikalnya, ada fibonacci, ada Moving Average, RSI dan lainnya. Pengaturannya pun mudah. Anda bisa menampilkan 4 grafik secara bersamaan, bisa menambahkan plugin yang anda sukai, bisa fullscreen. Pokoknya, metatrader sangat bersahabat dan mudah digunakan. Lagian, kebanyakan trader menggunakan platform ini sehingga nek mau belajar analisa teknik secara online langsung ngeh.

trading emas di Marketiva

Tampilan marketiva jauh lebih sederhana dan sangat enak buat open - close trading. Lagipula, softwarenya ringan, gak sampe 1 Mega downloadnya. Cepat dan so simple. Yang paling saya sukai dari marketiva adalah nilai transaksinya yang mikro. Hanya dengan modal dibawah 1 juta anda sudah bisa trading emas maupun forex. Supportnya cepat dan menggunakan bahasa Indonesia. Langsung live chat, dan pasti langsung dibalas ! Ciamik soro marketiva iki rek !

Ngomong - ngomong masalah modal, berapa sih modal minimal yang dibutuhkan supaya bisa investasi emas online ? Idealnya sih 10 juta rupiah jika anda mau trading menggunakan marketiva. Sedangkan jika menggunakan metatrader dana minimal yang anda butuhkan 100 juta rupiah. Kok beda banyak ya pak ? Soalnya Marketiva support Micro trading, sedangkan metatrader hanya Mini trading. Artinya anda bisa open transaksi sebsear 0,01 di marketiva. Kalo di metatrader minmal opennya 0,1 poin.
Pak saa cuman puna uang nganggur 1 juta rupiah, bisa nggak dibuat trading emas di marketiva ? Bisa - bisa aja, gak ada yang melarang kok. Kali 500ribu bisa nggak pak ? BISA , tapi sak crut-an langsung entek ! Kecuali anda mau main 0,01 poin saja alias sebesar duit receh.

Mengapa dibutuhkan spare atau modal yang besar itu karena sistem floating dan margin. Harga emas bergerak tiap detik, kadang naik dan kadang turun. Selama harga bergerak maka saldo kita pun akan ikut bergerak. Jika kita mengharapkan harga naik tetapi harga emas turun, maka saldo kita akan berkurang secara otomatis. Jika penurunannya melebihi saldo maka otomatis transaksi akan tertutup (close) Dan kergian anda sebesar nilai penurunan itu tadi. Anggap saja anda beli 1 poin, karena harga emas turun 90 poin, maka total kerugian anda adalah 90 poin.  Jika anda beli 2 poin dan harga turun 90 poin, maka kerugian anda adalah 180 poin (2x90). Demikian pula sebaliknya.

Sing mbencekno itu situasi dimana harga turun kemudian naik drastis. Dari turun 90 pips terus langsung naik lagi menjadi 100 pips. Kalo modal kita kecil, tapi kita yakin harga emas akan naik maka kita bisa kena margin call. Kalo telat bisa otomatis close by system. Nah, modal besar gunanya untuk situasi seperti ini. Dan jangan berpikir bahwa situasi seperti ini jarang terjadi karena anda pasti akan kecewa !

Yang paling penting dalam trading ini, entah itu emas ataupun saham dan forex adalah besarnya kerugian yang siap anda tanggung. Misalnya anda hanya bisa merelakan kehilangan 1 juta rupiah saja, maka berinvestasilah sesuai dengan kekuatan modal anda. Resiko kecil sudah jelas keuntungan juga kecil. Nek modal sejuta dipaksakan maka anda akan terkena margin close. Transaksi otomatis ditutup karena nilai modalnya tidak mencukupi untuk pergerakan naik turunnya harga (floating).

trading emas metatrader

 

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN INVESTASI EMAS ONLINE

Investasi emas online memang benar - benar memberikan keuntungan yang tidak masuk akal. Harga emas rata-rata bergerak 50 poin perharinya. Jika dikali 20 hari kerja (sabtu-minggu pasar emas libur), maka total poin yang bisa kita menangkan adalah 1.000 poin alias 1000%.  Berarti dengan modal 10 juta, total untung anda adalah 100 juta. Itu perbulan loh rek.... dan nek menang terus gak tau kalah !

Cara Investasi Emas OnlineSebaliknya, kalau kalah terus maka kerugian anda hanya 10 juta. (Menurut hitungan matematikanya) tapi jangan heran jika ternyata total kerugian anda bisa lebih dari 10 juta karena faktor inject dana akibat margin call, keserakahan, panas dan hasrat untuk balas dendam.

Saya tahu, dan sangat yakin bahwa mencari klien untuk mau menginvestasikan uangnya di investasi emas online ini sangat sulit. Karena itu jangan mempersulit diri anda sendiri dengan hanya memberikan informasi yang tidak lengkap. Bahasa marketing adalah menyampaikan informasi yang menyenangkan secara berlebihan dan menyimpan kabar buruk selama tidak ditanyakan. Jangan mencoba untuk membohongi klien mengenai resiko yang ada dalam investasi emas online ini karena cepat atau lambat mereka akan mengetahuinya sendiri.

Cobalah untuk berpikir jangka panjang. Jika anda seorang klien, apa yang sebenarnya anda harapkan dari seorang broker ? Keuntungan yang dilebih-lebihkan atau kebenaran tentang reward/risk yang disampaikan apa adanya ? Jika klien tersebut tidak bisa menerima rasio keuntungan dan kerugian yang ada, maka memaksakan lebih lanjut tidak ada gunanya. Dengan memberinya iming - iming yang bahkan anda sendiri tidak mampu mencapainya akan menutup jalan anda sendiri.

Saya perlu mengatakan hal ini karena ada beberapa teman yang termakan blow up keuntungan yang berlebihan tanpa menjelaskan lebih lanjut mengenai resiko yang sebenarnya mereka hadapi. Kasihan dia, tabungannya habis. Hasil kerjanya bertahun-tahun habis dalam hitungan jam.  Tapi, itu juga salahnya sendiri, soale wes tak omongi supaya hati-hati. Eh.... matanya ijo mikiri tjwan'e trading emas ! Coba deh, bayangkan jika kejadian yang dialaminya menimpa anda ! Mengapa sih begitu sulit untuk mengatakan kebenaran ? Apakah karena hukum alam, "Aku yang makan, atau kamu yang gak makan?"

Sebenarnya, broker emas itu banyak dicari akhir-akhir ini, tapi susahnya masak ampun carinya. Soalnya mereka tidak mempunyai pola pikir jangka panjang dan integritas. Dan mereka tidak pernah trading dengan uangnya sendiri sih ! Padahal jika mereka pernah merasakan senangnya kemenangan dan sumpeknya kekalahan, mereka pasti lebih menghargai setiap klien yang ditemuinya. Menyampaikan reward dan risk apa adanya untuk tujuan jangka panjang. Seandainya mereka menyadari bahwa ini bisnis kepercayaan maka saya yakin mereka akan jadi broker top yang nolak - nolak klien sementara broker lainnya kebingungan mencari order.

 

KESIMPULAN
Investasi emas online itu mudah sekali. Cukup install softwarenya dan setor modalnya maka anda sudah menjadi seorang investor emas. Keren yaaa ! Tapi soal menang dan kalah itu lain ceritanya. Untuk jangka panjang; 90% investor emas online berhenti berinvestasi karena rugi. Memang pada awalnya anda akan mendengar kabar baik kalo mereka menang berpuluh - puluh kali lipat. Tapi saya yakin, dalam waktu 6 - 12 bulan kedepan anda tidak akan mendengar kabar tentang trading emas mereka.

Umumnya, modal yang pertama kali mereka setorkan pasti habis. Tinggal masalah waktu saja, paling lama tiga bulan jika mereka aktif trading seminggu sekali. Demikian pula dengan setoran kedua dan ketiga mereka, jangka waktu habisnya malah lebih cepat karena emosi, panas, dan hasrat untuk balas dendam. Kebanyakan orang tidak bisa menguasai rasa serakah dan keberanian untuk mengakui kesalahan, itulah penyebab kekalahan mereka. Selama dua emosi ini tidak dikuasainya, maka berapapun modal yang disetor pasti habis lagi.

Untuk anda yang benar - benar ingin berinvestasi di logam mulia pilihannya hanya ada dua. Mau cara cepat atau lambat ? Cepat untungnya sekaligus juga cepat ruginya dengan cara investasi emas online dan gadai emas. High Risk, High Return. Low Risk, Low Return. Ini adalah hukum yang tidak bisa diganggu gugat. Tidak ada jalan pintas. Memilih investasi emas fisik jelas butuh waktu 2-3 tahun dengan tingkat pengembalian 30-40% tapi aman. Gak pake sport jantung !

Investasi emas batangan 90% menguntungkan ! Pililah jenis ini sebagai tahap pertama program investasi anda. Selanjutnya, jika anda memiliki dana lebih, belajarlah investasi emas online karena jauh lebih menguntungkan. Tapi juga persiapkan hati anda untuk menanggung kerugiannya. Sementara ini sih saya tidak menyarankan untuk menginveskan uang anda melalui sistem gadai emas atau emas syariah karena berat di biayanya.
Selamat berinvestasi !

Belajar Analisa Harga Emas: REVERSAL PATTERN
Kenali 5 pola reversal pattern yang kemungkinan terjadinya diatas 50%

Lebih Jauh Tentang Pola Head and Shoulder
Salah satu reversal pattern yang sering terjadi dalam trading emas

Share this content

ARTIKEL TERBARU

ARTIKEL EKONOMI

OTOMOTIF

POLITIK

ARTIKEL LEPAS